Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Mr & Mrs Average's fridge contents.

6 Cara Efisien Membersihkan dan Merapikan Isi Kulkas

Dumai – Kulkas sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis makanan dan minuman, baik yang dalam kemasan maupun kondisi segar sangat berpotensi menyimpan kuman maupun bakteri. Oleh karena itu penting untuk membersihkan kulkas minimal dua  sekali agar kulkas tetap higienis.

Membersihkan kulkas memang menjadi salah satu tugas rumah tangga yang cukup melelahkan. Terlebih lagi jika Anda membiarkan makanan atau minuman berada di situ berbulan-bulan. Tips yang dikutip dari Real Simple berikut ini, bisa membantu Anda lebih mudah membereskan sekaligus membersihkan kulkas.

1. Kosongkan
Sebelum dibersihkan, kosongkan semua benda dari kulkas. Sortir produk-produk yang sudah kedaluwarsa dan masih bagus. Meskipun masa kedaluwarsa belum habis tapi sudah berbau tidak enak, sebaiknya juga disingkarkan. Mengosongkan isi kulkas akan memudahkan Anda membersihkan dan merapikan lemari es.

2. Sterilkan Rak dan Laci
Lepaskan juga rak serta laci kulkas, lalu sikat menggunakan spons di setiap sisinya. Siapkan air hangat yang telah diberi sabun, lalu celupkan spons dan gunakan untuk menyikat rak serta laci kulkas. Taburkan baking soda pada noda yang tidak bisa hilang hanya dengan sabun, kemudian sikat kembali menggunakan spons. Bilas, dan keringkan dengan lap bersih.

3. Harumkan
Untuk menghilangkan bau tak sedap, usap bagian dalam kulkas menggunakan kain lap yang telah disemprotkan cairan pembersih. Anda juga bisa menggunakan paper towel yang telah dibasahi air dengan beberapa tetes ekstrak vanilla.

4. Keringkan
Setelah selesai membersihkan, jangan langsung masukkan makanan. Sangat penting untuk mengeringkan sisa-sisa pembersih dan kotoran agar kuman tidak betah berlama-lama di tempat lembap. Setelah itu tempatkan kembali rak ketika bagian dalam kulkas benar-benar kering. Susun rak dan laci yang memudahkan Anda mengambil makanan atau minuman dari kulkas.

5. Pisahkan Makanan
Saatnya menata kembali isi kulkas. Hal yang bijak jika Anda memisahkan beberapa jenis makanan agar tidak terjadi kontaminasi silang (bakteri dari satu makanan menyebar ke makanan lain, dan sebaliknya).

Dua jenis makanan yang memiliki tempat wajib dalam lemari es adalah sayur dan buah-buahan. Dua kelompok makanan  ini harus dipisahkan ke dalam laci atau rak yang berbeda. Pastikan Anda telah memeriksa sayur dan buah apa saja yang baik disimpan di dalam kulkas, karena tidak semua sayur dan buah matang dapat disimpan dalam suhu kulkas.

6. Seragamkan
Botol jus buah, kaleng susu, botol plastik sirup, dan beberapa jenis minuman lain di dalam kulkas dapat Anda rapikan dengan membuat keseragaman. Tuangkan isi minuman tersebut ke dalam botol yang memiliki bentuk sama. Beri label di depannya untuk membedakan satu minuman dengan minuman lainnya. Deretan botol kaca yang seragam akan mempercantik lemari es dan memudahkan Anda mengambil benda yang diinginkan.(dtc)

Komentar

komentar