Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,24 June 2018

Empat Puskesmas Dumai Terapkan Aplikasi Daring

Dumai – Empat puskesmas di bawah pengelolaan Dinas Kesehatan Kota Dumai kini menerapkan pelayanan medis berbasis aplikasi daring atau disebut Sistem Informasi Kesehatan Daerah (Sikda) Prima.

Kepala Dinas Kesehatan Dumai Paisal di Dumai, Kamis, menyebutkan penerapan Sikda Prima dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan, ketersediaan dan kualitas data informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi canggih.

Empat puskesmas yang baru menjalankan Sikda Prima yaitu Puskesmas Jaya Mukti dan Dumai Kota pada Maret 2016 dan Puskesmas Bumi Ayu dan Bukit Kapur pada April 2016.

“Penerapan Sikda Prima sudah persiapan sejak 2015 lalu dan tahun ini ditingkatkan ke empat Puskesmas sebagai percontohan awal,” kata Paisal, Kamis (19/5).

Sistem informasi kesehatan itu dimanfaatkan dalam pelayanan kinerja petugas medis dan dokter di poli umum, usila, gigi, laboratorium, anak, ibu hamil dan ibu nifas serta lain sebagainya.

Untuk mempelajari Sikda, Dinkes melakukan kaji banding ke Puskesmas Tebet Jakarta Selatan yang telah mempelopori sistem pelayanan berbasis aplikasi android tersebut yang dapat memudahkan kinerja dan pelaporan petugas medis.

Pelayanan Sikda Prima adalah dengan aplikasi android yang menyimpan data pasien sehingga pencatatan pelaporan lebih efektif efisien dan mudah mengetahui stok, permintaan, kebutuhan dan laporan pemakaian obat.

“Selain itu, kepala puskesmas bisa memantau pelaksanaan pelayanan melalui aplikasi yang dikembangkan, termasuk laporan kunjungan harian jumlah dilayani,” katanya menambahkan. (Antara)

Komentar

komentar