Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,20 September 2018
Bawang Putih (IST)

Harga Bawang Putih Naik di Pekanbaru

Pekanbaru –  Sejumlah harga kebutuhan pokok mulai naik pada sejumlah pasar tradisonal di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, yang paling menonjol harga bawang putih meroket tembus Rp48.000 per kilogram sepekan menjelang bulan puasa Ramadhan.

“Sepekan terakhir, bawang putih paling mencolok naiknya dan bertahan. Jika pekan lalu diharga Rp40.000 per kilogram, kini sudah tembus Rp45.000,” ujar Rika (29), ibu rumah tangga di kawasan Panam, Pekanbaru, Selasa (31/5).

Dia mengaku, berbelanja kebutuhan sehari-hari di Pasar Arengka, Pekanbaru persimpangan Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Soebrantas berada di kawasan Panam dan terus memantau berbagai harga kebutuhan pokok terutama sembilan bahan pokok yang selalu dicari warga.

Sebagian besar bahan-bahan kebutuhan pokok daerah itu di pasok dari Provinsi Sumatera Barat seperti cabai merah dari Kota Bukit Tinggi dijual para pedagang dengan bertahan dikisaran harga Rp28.000 per kilogram.

Lalu harga cabai hijau bertahan Rp30.000 per kilogram setelah pekan sebelumnya turun sebesar Rp2.000 dan harga bawang merah masih bertahan Rp40.000 per kilogram dari pekan lalu hanya Rp36.000.

“Tapi nanti, harga cabai dan bawang ini kembali naik pada tiga atau dua hari jelang bulan puasa karena permintaan yang tinggi dari warga untuk memenuhi kebutuhan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,” katanya.

Dwi (45), penjual kebutuhan pokok di Pasar Sail, mengaku, lazimnya sepekan sebelum bulan puasa, maka harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat semakin bergejolak karena tergantung persediaan dari distributor atau dipasok dari provinsi tetangga.

“Seperti hari ini harga bawang putih naik dari Rp40.000 per kilogram, jadi Rp48.000 per kilogram. Mungkin karena sebentar lagi akan naik mau puasa. Paling mentok sekitar Rp50.000 per kilogram,” ucapnya.

Untuk harga cabai hijau, lanjut dia, hingga masih bertahan diharga Rp26.000 per kilogram dan cabai rawit bertahan di harga Rp40.000 per kilogram.

Sedangkan harga tomat rata-rata masih bertahan seperti biasa yakni sebesar Rp10.000 per kilogram dan termasuk harga sayur-mayur di pasar tersebut masih dijual pedangang dengan harga. (Antara)

Komentar

komentar