Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,20 September 2018
Pelabuhan Dumai (ANTARA | Files)

Kecepatan Pelayanan Pelabuhan Dumai Didukung Syahbandar

Dumai – Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai, Riau mendukung kecepatan pelayanan dalam pembuatan izin persetujuan pengawasan keselamatan (IPPK).

“Asal alasan tepat dan sesuai prosedur kita akan keluarkan izin persetujuan pengawasan keselamatan tersebut dan mereka bertanggung jawab penuh atas semua risiko terjadi,” kata Kasi Penjagaan, Patroli dan Penyidikan KSOP Dumai, Jannes Sinaga, Sabtu (14/5).

Jannes mengatakan,  IPPK diterbitkan jika ada pengajuan dari pihak Pelindo, keagenan, dan pemilik barang dengan alasan yang tepat dan mendesak.

Menurut Jannes, permohonan izin kapal double bulking atau posisi sandar berdempetan dua tanker di dermaga pelabuhan Dumai ini kerap diajukan pengguna jasa kepelabuhanan, minimal dua kali dalam seminggu.

Setiap pengajuan izin dua kapal sandar di dermaga sekaligus melakukan transfer minyak sawit dari pabrik tersebut harus melampirkan rekomendasi dari Pelindo dan diusulkan agen dengan pemilik barang.

“Kita hanya melayani perizinan, namun untuk resiko kecelakaan kerja atau potensi menganggu ketahanan dermaga dan lain sebagainya tanggung jawab pihak pemohon dan Pelindo,” kata Jannes.

Sedangkan Ketua Indonesian National Shipowners Association (INSA) Cabang Dumai Herman menyebutkan, permohonan “double bulking” untuk memperlancar kegiatan di pelabuhan karena barang dibutuhkan cepat dan pelayanan kepada pengguna jasa tidak mengecewakan.

“Permintaan ini wajar karena barang yang akan diekspor dibutuhkan cepat dan agar kegiatan di pelabuhan cepat dan lancar,” kata Herman. (Antara).

Komentar

komentar