Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,25 June 2018
Presiden Indonesia Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye jelang melakukan pertemuan di Blue House di Seoul, Korea Selatan, 16 Mei, 2016 (IST)

Kesepakatan Bisnis Ri-Korea 18 Miliar Dolar

Jakarta – Forum bisnis antara pengusaha Indonesia dan Republik Korea Selatan yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghasilkan kesepakatan bisnis senilai 18 miliar dolar AS.

“Dalam perjalanan ke Republik Korea tampak antusiasme yang tinggi dari pengusaha swasta Korea yang tercermin di bisnis forum yang dihadiri 500 pengusaha Korea dan ‘deal’ yang dihasilkan adalah sekitar 18 miliar dolar AS,” kata Menlu Retno Marsudi dalam jumpa pers usai kunjungan Presiden Jokowi ke Korea dan Rusia di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (21/5).

Selain Menlu hadir dalam konferensi pers itu Menko Perekonomian Darmin Nasution, Mendag Thomas Lembong, dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Menlu menjelaskan Presiden Jokowi baru saja menyelesaikan kunjungan Kenegaraan ke Republik Korea pada 16-18 Mei 2016, kemudian melakukan kunjungan kerja ke Rusia dan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Vladimir Putin pada 18 Mei 2016, selanjutnya menghadiri KTT ASEAN-Rusia pada 19-20 Mei 2016.

Menurut Menlu, dari kunjungan kenegaraan ke Korea, selain kesepakatan bisnis, beberapa hal yang dihasilkan adalah Indonesia melihat komitmen kuat dari Pemerintah Korea untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang dengan Indonesia.

Selain kerja sama kuat yang sudah dilakukan terdapat dua kerja sama yang akan ditambahkan dan diprioritaskan yaitu kerja sama akselerasi industrialisasi dan kerja sama pengembangan industri kreatif.

“Setelah pertemuan dengan Presiden Park, tujuh kesepakatan kerja sama ditandatangani yaitu meliputi bidang industri maritim, industri kreatif, olah raga, geospasial, kawasan ekonomi khusus (KEK), restorasi lahan gambut dan pemberantasan korupsi.

Menurut Menlu, dalam kunjungan ke Korea, Presiden RI untuk pertama kalinya juga berkesempatan melakukan interaksi dengan generasi muda di salah satu universitas di negara itu.

“Presiden Jokowi juga menyampaikan pidato kunci pada Asia Conference Leadership yang dihadiri oleh Presiden Park, mantan Presiden AS George Bush dan tokoh dunia lainnya,” kata Menlu. (Antara)

Komentar

komentar