Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,20 September 2018
Ilustrasi sertifikat tanah (IST)

Mengurus Tanah di Tiga Daerah Riau Sudah Online

Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ferry Mursyidan Baldan meluncurkan sistem dan aplikasi pelayanan pertanahan “online” atau daring, di Provinsi Riau.

Dalam kesempatan itu, Ferry juga sekaligus menyaksikan penandatanganan kerja sama Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat dengan tiga kabupaten/kota Pekanbaru, Kampar dan Siak, di Pekanbaru, Minggu (15/5).

“Kedepan orang darimanapun yang hari ini ada di Pekanbaru, Siak, Kampar dan sebagainya bisa mengurus tanah mereka disatu tempat pelayanan dan terintegrasi dengan cara online,” kata Ferry.

Ferry menjelaskan, saat ini baru ada beberapa kabupaten/kota di Riau yang menjalin kerja sama aplikasi pertanahan daring ini. Namun, kedepan semua akan ikut bergabung dan terintegrasi.

Ini formula proaktif pelayaan pertanahan oleh BPN yang sudah dilakukan diseluruh wilayah Indonesia, termasuk Riau.

“Namun, kalau provinsi lain menyebutnya pojok, atau pusat maka Riau menamai pondok layanan, mungkin terinspirasi dari pondok patin,” kata Ferry.

nama pondok layanan yang diberikan Riau itu bisa menampilkan pelayanan yang nikmat dan enak seperti pondok patin.

Ia juga menegaskan dengan kemudahan pelayanan pertanahan daring ini maka BPN sudah bisa memaksimalkan pelayanan yang selama ini terbagi dua layanan Hak Guna Usa (HGU) dan tanah masyarakat.

“Kedepan walau akan bertahap semua layanan pertanahan menuju kemudahan dengan online dan terintegrasi kepusat,” tuturnya. (Antara)

Komentar

komentar