Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Ilustrasi (ANTARA | FILES)

Pemkot Pekanbaru Larang Warga Berikan Sedekah di Lampu Merah

Pekanbaru – Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengimbau warga tidak memberikan sedekah di lampu merah dan persimpangan jalan raya kepada pengemis karena melanggar peraturan daerah.

“Kalau hendak bersedekah lakukanlah pada tempat dan lembaga yang tepat dan benar,” kata Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman (Dinsoskam) Kota Pekanbaru, Chairani di Pekanbaru, Senin (23/5).

Chairani juga mengingatkan pada suasana menjelang Ramadhan Pekanbaru akan “kebanjiran” gelandangan dan pengemis (gepeng). Mereka datang dari provinsi lain.

“Hal ini sering tidak disadari oleh warga yang sedang menunaikan ibadah puasa dengan murah tersenyuh dan naluri sosialnya timbul lalu langsung memberikan sumbangan tanpa fikir panjang dampak negatifnya,” katanya.

Berdasarkan analisis, kata dia, dengan memberikan sumbangan sekali saja di persimbangan dan lampu merah, akan mengundang munculnya gepeng-gepeng lain. Mereka terorganisasi dan sengaja memanfaatkan Ramadhan untuk mengais rezeki menjadi pengemis di Pekanbaru.

“Jika masyarakat ingin memberikan sumbangan maka salurkan pada tempatnya, jangan memberikan sumbangan kepada pengemis karena dampaknya akan membawa masalah sosial di Kota Pekanbaru,” katanya. (Antara).

Komentar

komentar