Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,20 September 2018
Salah satu pengendara roda dua yang ditilang karena tidak menggunakan helm. Foto: Salomo Sihombing/edisidumai

Tiga Ratusan Pengendara Ditilang Hingga Hari Ke-9 Operasi Patuh Jaya di Dumai

Dumai – Meski sudah ada sosialisasi Operasi Patuh Jaya yang cukup massif, pelanggaran lalu-lintas di Kota Dumai tetap tinggi. Lebih dari 300 pengendara ditilang hingga hari ke-9 operasi digelar.

Ketika edisidumai.com memantau razia yang digelar polisi dan didukung Polisi Militer di depan Bank Syariah Mandiri Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (24/5/2016), hanya dalam kurun waktu sekitar satu jam hingga pukul 11.20 WIB, sudah belasan kendaraan ditahan karena pengendaranya tidak memiliki surat-surat kendaraan dan surat izin mengemudi. Lain lagi pengendara yang diizinkan membawa kendaraannya setelah surat-suratnya yang ditahan.

“Hari ini target kita adalah pelanggaran yang kasat mata saja. Kita tidak menghentikan semua kendaraan yang lewat, hanya yang jelas terlihat melanggar seperti tidak menggunakan helm, tidak ada kaca spion, plat nomor kendaraan tidak ada, juga penggunaan sabuk pengaman untuk kendaraan roda empat. Kalau ditotal dari hari pertama sampai saat ini, sudah ada sekitar 300 lebih yang ditilang,” demikian penjelasan Kasat Lantas Polres Dumai AKP Emil Eka Putra SH SIK, melalui KBO Lantas Polres Dumai Iptu Nur Rahim SIK.

Operasi Patuh Jaya sendiri akan digelar selama 14 hari berturut-turut mlai 16 Mei hingga 29 Mei 2016. Meski sudah ada sosialisasi yang massif karena skala operasi yang sifatnya nasional dan digelar serentak, namun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu-lintas masih kurang. Seperti pengakuan Dodi (22) salah satu pengendara roda dua yang ditilang karena tidak menggunakan helm.

“Saya tadi buru-buru, ada perlu. Tidak teringat pakai helm. Sudah ditilang gini mau bagaimana lagi. Jadi pelajaran aja lain kali kemana pun pergi pakai sepedamotor harus pakai helm,” tuturnya sembari menunjukkan surat tilang dan dijadwalkan menjalani sidang pada 10 Juni 2016).

Ketika melakukan penilangan, petugas memberikan penjelasan tentang pasal pelanggaran dan besaran dendanya. Namun untuk pembayaran denda harus dilakukan saat persidangan. “Standarnya untuk jadwal sidang memang 14 hari kerja dari tanggal ditilang. Sudah kita jelaskan pelanggarannya serta dendanya, nanti yang ditilang harus ikut sidang sesuai tanggalnya sekaligus pembayaran denda,” simpul Nur Rahim.

Komentar

komentar