Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,10 December 2018
Penyelundupan bawang (IST)

TNI AL Dumai Gagalkan Penyelundupan Bawang

Dumai –  Kapal patroli Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Dumai berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 28 ton bawang ilegal asal Malaysia yang diangkut menggunakan dua kapal motor di perairan Pulau Bengkalis.

“Pengungkapan itu berhasil dilakukan setelah kita tingkatkan patroli rutin di Perairan Bengkalis yang berpotensi terjadinya penyelundupan,” kata Komandan Lanal Dumai Letkol Laut (P) Muhammad Risahdi di Pekanbaru, Rabu (18/5).

Kata Risahdi, upaya penyelundupan yang diungkap pada Selasa lalu (17/5) itu dilakukan oleh dua unit kapal motor yakni KM Sonia yang dinakhodai pelaku berinisial Ud (28) berikut dua orang ABK.

Dari KM Sonia tersebut, prajurit mengamankan 20 ton bawang merah. Sementara itu, delapan ton lainnya ditemukan dalam lambung KM Terubuk II dengan nakhoda berinisial Al (47) berikut dua orang ABK.

Risahldi mengatakan, pengungkapan itu berhasil dilakukan setelah pihaknya mendapat informasi akan masuknya bawang merah asal Malaysia ke Bengkalis. Berawal dari informasi itu, petugas langsung meningkatkan patroli rutin.

Sementara itu, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Pekanbaru menyatakan berhasil menggagalkan sejumlah upaya penyelundupan bawang merah melalui pesisir Riau.

“Penyelundupan bawang merah masih terus terjadi melalui jalur perairan di pesisir Riau. Pada Maret dan April kita berhasil mengungkap dan menggagalkan penyelundupan komoditas tersebut,” kata Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru, Elfi Haris beberapa waktu lalu. (Antara)

Komentar

komentar