Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,24 June 2018
Ilustrasi (IST)

Warga Riau Harus Berani Lapor Kekerasan Anak

Pekanbaru – Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Riau mengimbau seluruh masyarakat daerah setempat untuk berani melaporkan tindak kekerasan pada pihak yang berwajib dalam menangani masalah tersebut.

“Jika selama ini mereka mengalami kekerasan dan pelecehan seksual tidak tahu harus melaporkan kemana, sekarang ayo laporkan pada P2TP2A yang ada di daerah di kabupaten/kota masing-masing,” ujar Kepala P2TP2A Riau Risdayati di Pekanbaru, Sabtu (21/5).

Dikatakannya, biasanya masyarakat hanya tahu melaporkan kasus kekerasan dan pelecehan seksual anak sebatas pada pihak yang berwajib seperti polisi saja, padahal permasalahannya tidak cukup sampai disitu, psikis si korban juga harus diobati kembali melalui psikolog.

“Untuk si anak itu sendiri harus berani melaporkan pelecehan yang ia alami kepada orangtua atau keluarga terdekat lainnya, kemudian baru dari mereka akan diteruskan kepihak yang berwajib. Nah, tugas dari P2TP2A berkewajiban untuk membantu menangani masalah tersebut, karena disini ada beberapa manejer kasus yang akan membantu sesuai hasil asesmen si korban,” ungkapnya.

Adapun prosedurnya dengan cara pihak si korban atau orang lain melaporkan pada P2TP2A bahwa ada tindak kekerasan atau pelecehan seksual. Nanti pihaknya akan menindaklanjuti dengan cara menyelidiki sejauh mana tindakan tersebut. Kemudian berdasarkan asesmen baru akan ditentukan intervensi melalui manejer kasus. (Antara)

Komentar

komentar