Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Posko lebaran (IST)

18 Juni, Posko Angkutan Lebaran Dumai Dibuka

Dumai – Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Kota Dumai berencana membuka posko pengamanan dan angkutan Lebaran 1437 Hijriah jalur laut pada 18 Juni dengan melibatkan sejumlah instansi terkait di perairan.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Kota Dumai Barnabas F Tallu di Dumai, Minggu, menyebutkan pendirian posko pengamanan angkutan lebaran bertujuan untuk pengendalian arus penumpang kapal laut, baik penumpang maupun barang.

“Posko kami siapkan di terminal penumpang Pelabuhan Pelindo, dan mulai dibuka sejak 18 Juni hingga 24 Juli 2016,” kata Barnabas, Minggu (12/6). Be

Dalam pelaksanaan pengamanan angkutan lebaran nanti, petugas gabungan terlibat akan mengutamakan upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat pemudik demi kelancaran dan ketertiban arus penumpang.

Di samping itu, KSOP juga akan terus memantau dan menginformasikan kondisi cuaca di perairan dalam rangka keselamatan berlayar dan memberi peringatan kepada para pengguna jasa kepelabuhanan agar waspadai iklim di laut.

“Kepada pengguna jasa kepelabuhan kita ingatkan agar terus mewaspadai kondisi perairan dan tetap mengutamakan keselamatan dengan memperhatikan cuaca saat berlayar,” ujar dia.

Sejumlah instansi terkait yang akan terlibat dalam pelaksanaan Posko pengamanan dan angkutan lebaran ini, diantaranya, TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Kantor Navigasi, Bea Cukai, Imigrasi, Kesehatan Pelabuhan dan Balai Karantina serta PT Pelindo I.

Sejauh ini arus penumpang di terminal pelabuhan Pelindo terpantau masih normal dan belum ada peningkatan karena di awal Ramadhan, namun diprediksi lonjakan mulai terjadi pada sepekan jelang Idul Fitri 6 Juli.

“Kami harapkan pelaksanaan posko angkutan lebaran nanti dapat berjalan tertib dan lancar serta membantu dan memudahkan penumpang yang akan bepergian menggunakan kapal feri penumpang,” harap dia. (Antara)

Komentar

komentar