Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,19 April 2018
Ilustrasi (IST)

Awas Barang Tipuan dengan Diskon Besar

Jakarta – Masyarakat dihimbau tidak tergiur oleh diskon besar-besaran di pusat perbelanjaan menjelang Lebaran 2016.

“Jangan tergiur diskon besar,” kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Bangka Belitung (YLKBB) Rachmat Jayadi Pangkalpinang, Senin (20/6).

“Waspadalah terhadap permainan diskon yang marak terjadi menjelang Idulfitri 1437 Hijriah. Sebab, yang ditakutkan, barang yang dibeli tidak sesuai dengan kualitas yang asli. Masyarakat harus jeli dan pintar memilih produk yang diinginkannya. Tidak terlena oleh harga yang murah,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, diskon tersebut juga menjadi praktik permainan harga. Dalam hal ini, pengusaha terlebih dahulu menaikkan harga, kemudian baru memberikan potongan harga.

“Kebanyakan pengusaha menaikkan harga terlebih dahulu sehingga masyarakat terkecoh karena membeli barang yang seolah-oleh sudah didiskon. Hal itu membuat masyarakat yang dirugikan,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pemberian potongan harga dengan alasan cuci gudang juga dapat merugikan konsumen jika masyarakat tidak cerdas dan selektif dalam pembelian produk yang didiskon.

“Kami meminta masyarakat untuk membandingkan harga terlebih dahulu dalam membeli barang yang mendapat potongan harga di pusat perbelanjaan dengan harga yang ada di tingkat pedagang yang tidak memberlakukan sistem potongan harga agar masyarakat tidak tertipu dengan embel-embel diskon,” ujarnya. (Antara)

Komentar

komentar