Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Bupati Karimun Aunur Rafiq (IST)

Bupati Karimun Minta Distributor Jual Beras Bulog

Karimun – Bupati Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Aunur Rafiq meminta distributor menjual beras Bulog yang disiapkan untuk Operasi Pasar (OP) selama Ramadhan 1437 H/2016.

“Cuma bulan ini dalam satu tahun untuk membantu kebutuhan beras masyarakat yang meningkat menjelang Lebaran,” kata dia di Tanjung Balai Karimun, Rabu (8/6).

Bupati Aunur juga menekankan permintaan itu kepada distributor daerah pulau di luar Pulau Karimun Besar karena harga beras biasanya lebih mahal dari pusat distribusi di Tanjung Balai Karimun.

Bulog, kata dia, telah menyiapkan beras kualitas medium dengan harga di tingkat konsumen sebesar Rp7.900 per kilogram, dengan margin Rp300 per kilogram, atau harga yang harus disetor kepada Bulog sebesar Rp7.600.

Aunur Rafiq juga meminta seluruh camat berkoordinasi dengan distributor di daerahnya untuk memastikan ketersediaan beras dengan harga terjangkau bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

Ia mengatakan, para camat juga diharapkan menjembatani pelaksanaan Operasi Pasar yang dikoordinasikan dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

“Beras OP dari Bulog saya harapkan dapat dimanfaaatkan sebesar-besarnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya.

Hanya saja, mantan Wakil Bupati Karimun yang mendampingi Nurdin Basirun selama dua periode itu merasa khawatir dengan harga beras di pulau-pulau terjauh, sementara biaya distribusi beras untuk OP tidak mampu memenuhi marjin Rp300 yang harus disetor ke Bulog.

Dalam rapat bersama beberapa distributor dan dinas atau instansi terkait, Sabtu (4/6), beberapa camat di kecamatan daerah pulau tidak menyanggupi untuk menggelar OP dengan harga Rp7.900 per kilogram.

“Inilah yang jadi persoalan, biaya distribusi yang tinggi menyebabkan harga jual beras OP melebihi harga yang ditetapkan sebesar Rp7.900,” kata dia. (Antara)

Komentar

komentar