Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi (IST)

Cara Didik Anak Memasuki Fase Remaja

Ketika anak tumbuh  remaja dan dewasa, terbitlah kekhawatiran orangtua. kebanayakan orangtua. Sebenarnya, hal ini tidak perlu Anda takuti. Anda hanya perlu memberikan arahan kepada si kecil.

Anda bisa mengingatkan anak mengenai kehidupan remaja Anda.  Tujuannya, untuk membangun rasa percaya antar anak kepada orangtua.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan orangtua saat anak menjelang tumbuh remaja:

1. Berhenti mengeluarkan perkataan yang tidak seharusnya

Seorang anak yang tumbuh menjadi remaja biasa mengikuti apa yang dikatakan orangtuanya. Gunakan bahasa yang benar saat di rumah agar anak terbiasa untuk mengikuti hal-hal baik yang ada dalam rumah.

2. Tanyakan pertanyaan terbuka dan dengarkan saat mereka berbicara

Hal ini penting sebab membuat anak untuk selalu terbuka dan menceritakan segala sesuatu yang terjadi pada dirinya. Berikan kesempatan mereka untuk berbicara dan perhatikan mereka saat bercerita.

3. Makan bersama sesering mungkin

Memiliki waktu bersama terutama saat makan merupakan hal yang penting. Hal ini membuat Anda dan anak memiliki komunikasi yang baik.

4. Kenali teman-temannya

Jangan ikut campur dalam hal memilih teman untuk anak. Biarkan dia memilih teman sendiri, tapi pastikan dia dalam pergaulan yang positif saat memasuki usia remaja. Kenali teman-temannya, usahakan Anda bisa bertemu dan mengundang teman-temannya.

5. Pantau media sosial anak

Anak era saat ini sangat dekat dengan media sosialnya. Anda bisa pantau dengan mengikuti media sosial mereka, sehingga tidak khawatir saat monitoring anak.

6. Banyak beraktivitas bersama-sama

Anda bisa melakukan kegiatan yang mudah untuk dilakukan bersama, seperti mononton, berbelanja, memasak, atau apapun yang penting menghabiskan waktu bersama.

Ajari mereka untuk menghadapi kegagalan, bantu mereka untuk belajar dari kesalahan, dan tunjukkan bahwa Anda mendukung mereka.

Hal ini penting sebab mereka tumbuh dengan pembelajaran yang diberikan oleh orangtua atau bimbingan orangtua. Yakinkan mereka bahwa Anda mendukungnya dalam segala hal kegiatan positif. (Kmps)

Komentar

komentar