Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi (IST)

Cara Hilangkan Stres setelah Melahirkan

Kehadiran buah hati merupakan kebahagiaan yang tak terkira. Pertumbuhan dan perkembangan si kecil menjadi tanggung jawab besar orang tua. Nah, setiap tanggung jawab apalagi sama sekali baru, dapat menimbulkan stres.

Secara alami, banyak orang tua mengalami stres ketika mereka baru memiliki bayi, entah itu kelahiran pertama atau bukan. Kehadiran sang bayi membutuhkan banyak perhatian dan energi orang tua. Tak jarang orang tua yang stres saat merawat bayi yang baru lahir, terutama untuk ibu yang baru pertama kali melahirkan.

Seiring berjalannya waktu, penyesuaian pola hidup orang tua akan terbiasa dengan perubahan dalam kehidupannya. Berikut cara mengatasi stres bagi orang tua baru dilansir laman Boldsky:

– Atur kegiatan yang menguras energi dan biaya
Tahun pertama kelahiran bayi, hindari membuat rencana yang dapat menghabiskan banyak waktu dan energi, seperti berganti pekerjaan dan berlibur. Kegiatan ini hanya akan menambah Anda stres.

– Jadwal kerja
Setelah bayi lahir, buat gambaran tentang jadwal kerja dan aktivitas lainnya. Hal ini akan menghemat waktu dan mengurangi stres.

– Jadwal anak
Buat jadwal anak, semisal waktu menyusui, tidur, dan kegiatan perawatan bayi lainnya.

– Pertimbangkan jasa asisten rumah tangga
Jika ibu merasa kewalahan, pertimbangkan untuk menggunakan jasa asisten rumah tangga untuk membantu mengurus keperluan rumah dan anak. Hal ini akan mneghemat waktu dan energi. Ibu pun akan fokus menghabiskan waktu bersama si kecil.

– Berbagi dengan pasangan
Berbagailah cerita apa saja yang terjadi saat merawat bayi dengan pasangan, orang tua, atau bahkan teman Anda.

– Waktu untuk diri sendiri
Luangkan waktu sejenak untuk diri sendiri. Anda dapat berjalan-jalan santai, berolahraga, meditasi, atau melakukan sesuatu yang membuat bahagia.

– Hindari merawat bayi sendirian
Coba bergantian dengan pasangan atau anggota keluarga yang lain. Hal ini dapat membantu Anda mengatasi stres. (Tmp)

Komentar

komentar