Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Microwave (IST)

Cara Kreatif Gunakan Microwave

Jika digunakan dengan kreatif, microwave tidak hanya berfungsi menghangatkan makanan dingin atau mencairkan makanan beku. Microwave bisa membantu Anda dalam banyak hal dan mempersingkat pekerjaan dapur Anda. Coba saja 7 trik kreatif ini:

1. Memperbanyak jus jeruk
Anda ingin membuat jus jeruk dan lemon, tetapi tak punya juicer?. Sebelum berubah pikiran dan mengganti jus jeruk dengan teh atau kopi, coba letakkan jeruk atau lemon segar di dalam microwave selama 10 detik saja. Memasukkan jeruk ke dalam microwave dalam waktu singkat tidak akan membuat jeruk layu. Justru membantu melepaskan serat jeruk, sehingga jeruk sangat mudah diperas dan menghasilkan air yang banyak.

2. Membuat busa cappuccino
Kita suka minum cappuccino dengan banyak busa di atasnya. Jika tak punya mesin pembuat cappuccino yang mahal, gunakan trik microwave untuk menambahkan efek busa yang tebal dan lembut di kopi Anda. Caranya, masukkan cappuccino atau kopi susu ke dalam wadah pengocok susu. Kocok hingga muncul busa, kemudian buka tutupnya dan masukkan ke dalam microwave selama 30 detik. Pemanasan dalam microwave akan meningkatkan jumlah busa dan mempercantik cappuccino Anda.

3. Kupas bawang
Persingkat waktu mengupas bawang putih dengan memasukkannya ke dalam microwave selama 10-15 detik. Gelombang panas microwave akan mengurangi kelembaban bawang putih sehingga kulitnya sangat mudah dikupas bahkan tanpa menggunakan pisau. Hal yang sama bisa Anda terapkan pada bawang bombay.

Microwave membantu Anda mengupas bawang bombay tanpa harus mengeluarkan air mata. Berhubung ukurannya lebih besar, Anda butuh waktu 30 detik atau lebih—tergantung pada ukuran bawang—untuk mendiamkan bawang bombay di dalam microwave sebelum mengupasnya.

4. Kupas mentimun
Membuang kulit ketimun pekerjaan yang susah-susah gampang, terutama jika pisau yang digunakan tak cukup tajam. Daging mentimun bisa banyak terbuang bersama kulitnya. Untuk menghindarinya, coba masukkan mentimun ke dalam microwave selama 2-3 menit dengan suhu rendah. Dengan begini kulit mentimun mudah terpisah dari dagingnya. Trik ini bisa pula digunakan untuk mengupas labu siam dan wortel, kecuali jika Anda ingin menyantap sayur-sayuran ini dalam kondisi segar tanpa dimasak.

5. Melunakkan kacang merah
Umumnya Anda harus merendam kacang merah dalam waktu lama untuk melunakkannya. Untuk mempersingkat waktu, tuang satu gelas kacang merah ke dalam mangkuk lalu tambahkan tiga gelas air, masukkan ke dalam microwave selama 15 menit. Keluarkan dan dinginkan, lalu masak. Anda akan mendapatkan kacang merah selayaknya kacang yang sudah direndam berjam-jam.

6. Mencairkan madu
Madu yang telah mengkristal terlalu sayang untuk dibuang, tapi sulit mengeluarkannya dari botol atau stoples. Jangan khawatir, masukkan wadah madu ke dalam microwave selama 40 detik—atau lebih jika stoplesnya cukup besar. Dengan begitu madu yang mengkristal akan kembali mencair dan lembut sehingga mudah dikonsumsi.

7. Memanggang kacang dan biji-bijian
Ini cara termudah untuk menikmati kacang dan biji-bijian. Tempatkan kacang dan biji-bijian di dalam mangkuk tahan panas, tambahkan minyak zaitun atau minyak sayur dan sedikit garam. Hanya butuh waktu sekitar 50 detik untuk memanggang biji-bijian dan 2 menit untuk kacang di dalam microwave, tergantung jenis dan ukuran kacang yang Anda gunakan. (Tmp)

Komentar

komentar