Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,17 July 2018
Ilustrasi (IST)

Cara Meredam Sakit Gigi

Sakit gigi adalah siksaan fisik yang luar biasa. Salah satu penyebabnya adalah gigi berlubang yang disebabkan oleh kurangnya kebersihan mulut atau faktor lain yang menyebabkan gigi keropos.

Rasa sakit bisa berlangsung lama dan membuat orang jadi susah makan, terutama yang manis, terlalu panas, atau dingin. Cobalah resep sederhana ini untuk meredakan rasa sakit bila belum ada kesempatan pergi ke dokter gigi.

1. Campuran lada dan garam
Campuran lada dan garam adalah pengobatan ampuh untuk sakit gigi karena keduanya memiliki zat anti-bakteri, anti-peradangan, juga zat analgesik lain. Kedua bahan itu bisa dibuat berbentuk pasta dan digunakan untuk menyikat gigi setiap hari untuk mengurangi rasa sakit.

2. Cengkeh
Pilihlah cengkeh yang sudah masak dan mengandung anti-bakteri, anti-peradangan, dan zat anestetik lain yang bisa membantu melawan rasa sakit dan infeksi. Oleskan minyak cengkeh dengan kapas ke gigi yang sakit, atau bisa juga campurkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan air dan digunakan untuk berkumur.

3. Air garam hangat
Segelas air hangat yang dicampur garam adalah cara termudah dan tercepat untuk mengurangi rasa sakit di gigi dan membantu meredakan radang, serta melawan bakteri penyebab infeksi.

4. Hindari temperatur ekstrem
Sikat gigi dengan air hangat dan hindari temperatur ekstrem. Lubang bisa membuat gigi lebih sensitif. Jadi usahakan hindari makanan dan minuman yang terlalu dingin, atau terlalu panas, karena akan menambah rasa sakit di gigi.

5. Obat batuk
Obat atau permen untuk mengatasi batuk biasanya mengandung sejumlah kecil zat anestetik, seperti mentol atau benzokain, yang bisa mengurangi rasa sakit yang tak terlalu parah. Untuk permen, jangan digigit tapi dikulum selama mungkin.

6. Obat gosok
Oleskan obat gosok yang biasa digunakan untuk meredakan flu di area pipi yang terdekat dengan gigi yang sakit. Letakkan tisu di bantal dan berbaringlah dengan sisi yang sakit di atas bantal. Cara ini bisa dengan cepat mengurangi rasa sakit meski tidak lama. (Tmp)

Komentar

komentar