Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018

Danrem Dumai Minta Siapkan Mitigasi Bencana Karlahut

Dumai – Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Nurendi meminta agar semua sektor terkait di Kota Dumai menyiapkan upaya pencegahan dan mitigasi bencana kebakaran lahan dan hutan karena Juli diprediksi masuki kemarau.

Mitigasi atau upaya mengurangi resiko yang dapat dilakukan misalnya membuat embung penyimpanan air, pembuatan sumur resapan dan patroli darat di wilayah rawan karlahut serta langsung melakukan pemadaman jika ada kemunculan api.

“Upaya mitigasi harus diutamakan karena lebih baik dibanding penanganan atau penindakan kebakaran hutan dan lahan,” kata Danrem dalam kegiatan sosialisasi Karlahut di Gedung Daerah Sri Bunga Tanjung Kota Dumai, Rabu.

Jenderal bintang satu TNI Angkatan Darat ini juga mengimbau pemerintah daerah bersama semua sektor untuk kompak bersiap menghadapi kemungkinan bencana karlahut yang bakal terjadi pada musim kemarau mendatang.

Selain itu, diminta untuk gencarkan imbauan ke tengah masyarakat agar tidak melakukan kegiatan membakar lahan supaya dapat menghindari bencana akibat karlahut tersebut.

“Status siaga darurat karlahut Riau diperpanjang gubernur akibat sejumlah daerah masih mengalami kebakaran, karena itu kita mesti bersiap dan giatkan pencegahan,” terang Danrem Brigjen Nurendi.

Karlahut sebagian besar diakibatkan ulah oknum tidak bertanggung jawab membuka lahan dengan cara dibakar, sehingga terjadi kerusakan hutan dan aktifitas masyarakat terganggu serta kerugian bagi kesehatan. (Antara)

Komentar

komentar