Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Ilustrasi (IST)

Disperindag Riau Pasarkan Kopi Liberika Meranti

Pekanbaru – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Provinsi Riau mengaku ingin membantu memasarkan varietas kopi jenis liberika para pertani di Pulau Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Riau Muhammad Firdaus di Pekanbaru, Rabu, mengaku pihaknya ingin membantu agar kopi liberia tersebut dapat diterima masyarakat, terutama warga di Kota Pekanbaru dan bahkan secara nasional.

“Kami ingin ‘branding-kan’ nama kopi liberika ini dulu. Rencananya pertengahan Juni ini kami turun. Kami ingin melihat sejauh mana proses pengolahan dan apa yang dibutuhkan untuk membantu para petani kopi di Meranti,” kata dia, Rabu (8/6).

Menurutnya, cita rasa varietas kopi liberika terbilang cukup enak, terutama bagi penikmat kopi dan pihaknya yakin bisa menjadi kopi andalan, namun ada beberapa hal masih perlu perbaikan kualitas kopi yang dihasilkan oleh para petani.

Tercatat kopi jenis ini berasal dari wilayah Liberia, Afrika Barat dan dibawa ke Indonesia abad ke-19 atau saat banyak tanaman kopi jenis arabika terserang penyakit.

Dahulu kopi liberika pernah dibudidayakan di Indonesia, tetapi sekarang sudah ditinggalkan petani karena bobot biji kopi kering hanya 10 persen dari bobot kopi basah.

Selain itu, rendemen biji kopi liberika tergolong rendah dan merupakan salah satu faktor sulit berkembang karena hanya sekitar 10 sampai 12 persen dengan karakteristik biji kopi hampir sama dengan jenis arabika. (Antara)

Komentar

komentar