Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,21 July 2018
Ilustrasi air bersih (IST)

Dumai Prioritas Pelayanan Air Bersih

Dumai – Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau, memprioritaskan program pelayanan air bersih yang terjangkau dan peningkatan pemerataan pembangunan infrastruktur dasar dalam misi utama pembangunan untuk lima tahun ke depan.

Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo di Dumai, Selasa, mengatakan penyediaan air bersih adalah skala prioritas pembangunan daerah guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat setempat sesuai diusulkan dalam rencana pembangunan jangka menengah Kota Dumai tahun 2016-2021.

Untuk pemenuhan air bersih, Pemkot Dumai akan menyiapkan program pembangunan sarana penyediaan air minum Regional Dumai yang akan dilakukan secara budget sharing antara Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis.

“Air baku digunakan adalah dari Sungai Rokan dan inslatasi pengolahan dibangun dengan dukungan pusat, sedangkan pipa distribusi menggunakan anggaran Provinsi Riau,” katanya, Selasa (14/6).

Namun Pemkot Dumai cukup membangun bak penampungan air yang sudah diolah dan nantinya akan memperoleh air curah dengan volume sekitar 300 hingga 500 liter per detik pada 2020 mendatang.

Selain itu, pemerintah juga akan memanfaatkan pipa distribusi yang sudah dibangun saat ini, dan tetap akan melalui kajian dan perbaikan sebagai upaya nyata untuk peningkatan layanan air bersih.

“Komitmen percepat penyediaan air bersih ini sempat terkendala dalam pembangunan infrastruktur, dan untuk kelanjutan maka akan dilakukan lebih cermat, baik dari segi hukum maupun fisik dan anggaran,” terang Eko lagi.

Pembangunan air bersih, juga akan diselaraskan dengan RPJM Provinsi Riau dan RPJM Nasional serta perkembangan dinamika Musrenbang supaya pelaksanaan program yang dinanti sejak lama masyarakat ini bisa maksimal.

Pemkot Dumai optimis penyiapan sarana air bersih ini bisa terealisasi sesuai harapan dengan dukungan lembaga wakil rakyat dan seluruh stake holder terkait serta semua lapisan masyarakat.

Dalam sidang paripurna DPRD Kota Dumai Senin kemarin, seluruh fraksi sepakat dengan usulan Ranperda untuk mempercepat program penyediaan air bersih sebagai skala prioritas pembangunan untuk lima tahun kedepan.

Tetapi tetap diingatkan agar Pemkot Dumai komitmen dalam peningkatan layanan air bersih dan infrastruktur dasar sehingga dampaknya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat. (Antara)

Komentar

komentar