Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Nurdin Basirun (IST)

Gubernur Kepri Nilai Pantai Ranggam Cocok Jadi Pelabuhan Internasional

Karimun – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menyatakan kawasan pesisir Pantai Ranggam di Teluk Uma Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun cocok untuk lokasi pembangunan pelabuhan internasional.

“Pesisir Pantai Ranggam berhadapan dengan Selat Malaka cocok untuk pelabuhan internasional. Saya sudah memikirkan untuk memindahkan pelabuhan internasional di Taman Bunga ke sana,” kata dia di Tanjung Balai Karimun, Rabu (8/6).

Nurdin mengatakan, pelabuhan internasional di Taman Bunga, Tanjung Balai Karimun sudah tidak layak dijadikan lalu lintas penumpang dari dan ke negara jiran, Singapura dan Malaysia.

Pelabuhan internasional yang bersebelahan dengan pelabuhan domestik tersebut, sempit sementara jumlah penumpang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi di kabupaten dengan dua ratusan pulau.

Bangunan pelabuhan internasional berdiri di tepi laut di atas tiang-tiang penyangga, sementara ruang tunggunya juga kecil.

Pelabuhan yang dikelola PT Pelindo I dan BUP Karimun itu di bagian depannya ditutupi bangunan Hotel Taman Bunga, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Mapolsek Tanjung Balai Karimun.

“Kondisi pelabuhan seperti itu tidak sehebohnya jargon poros maritim yang dicanangkan pemerintah pusat. Kepri ini daerah maritim dengan pelabuhan sebagai pintu masuk yang seharusnya lebih representatif,” ucapnya. (Antara)

Komentar

komentar