Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Armadillo (IST)

Ini Dia 2 Hewan Tidurnya 20 Jam

Hewan memiliki cara dan waktu tidur berbeda-beda. Contohnya, ada beberapa burung yang masih bisa terbang saat tidur karena hanya mengistirahatkan setengah otaknya.

Hambatan terbesar dalam penelitian pola tidur pada hewan adalah sulitnya mengamati hewan di tempat aslinya. Salah satu contohnya, pola tidur armadillo. Ini merupakan salah satu hewan dengan waktu tidur cukup panjang, yakni mencapai 18 jam per hari di sarang bawah tanahnya. Namun tak ada bukti apakah mereka tidur dalam satu waktu sekaligus atau membaginya menjadi beberapa sesi.

“Kami menduga mereka juga makan di sarang bawah tanahnya, yang juga dekat dengan sarang rayap, makanan mereka,” kata Aranud Desbiez, koordinator dalam Pantanal Giant Armadillo Project.

Dengan adanya hambatan itu, peneliti biasanya melihat sikap tubuh hewan untuk mengamati pola tidurnya. Jerapah biasanya tidur dengan mengistirahatkan kepala pada bokongnya. Hewan lainnya yang diteliti adalah koala. Peneliti memperkirakan hewan itu hanya bangun selama dua jam per hari karena kelambanannya.

Berdasarkan penelitian terhadap aktivitasnya di Victoria, Australia, koala biasanya tidur sekitar 14,5 jam per hari dan menghabiskan waktu lima jam lagi untuk beristirahat. Sebab, mereka harus bekerja keras mencerna daun eucalyptus dan hanya memperoleh sedikit energi. Namun, dalam sebuah penelitian pada 2013, accelerometers yang dipasang pada koala liar tak cukup sensitif untuk membedakan aktivitasnya.

Walhasil, data paling rinci untuk waktu tidur hewan tetap diperoleh dari hewan di penangkaran. John Lesku dari La Trobe University in Melbourne, Australia, mengatakan pemegang rekor waktu tidur terlama dalam satu hari adalah armadillo (20,4 jam) dan tikus kecil berkantung (20,1 jam per hari).

Meski demikian, rekor ini juga masih perlu perhatian khusus. “Ini adalah hewan liar yang dibawa ke lingkungan laboratorium dan dipantau dalam lingkungan baru, dengan potensi bahaya tertentu dan makanan yang sudah tersedia,” kata Lesku.

Contoh lain adalah kelelawar cokelat kecil, yang diteliti pada 1969 dan mendapat predikat sebagai hewan dengan waktu tidur mencapai 19,9 jam per hari. Namun waktu ini diperoleh dari lingkungan yang dibuat, termasuk suhunya. “Kelelawar ini sulit untuk mewakili hewan liar,” kata Lesku. (tmp)

Komentar

komentar