Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,21 July 2018
Gedung Komisi Yudisial atau KY (Dok Komisi Yudisial)

KY Tolak Anggarannya Dipotong

Jakarta – Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial Danang Wijayanto mengatakan lembaganya keberatan dengan rencana penghematan anggaran yang akan dilakukan pemerintah terhadap Komisi Yudisial. Penghematan itu rencananya sebesar 25,8 persen, yaitu dari sebelumnya Rp 148, 8 miliar menjadi Rp 110,3 miliar.

Danang menjelaskan, agenda penting Komisi Yudisial adalah mengawasi hakim. Sehingga komponen alokasi terbesar adalah perjalanan dinas. “Tapi instruksi Menteri Keuangan pemotongan adalah perjalanan dinas, kami kesulitan,” kata dia di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Selasa (7/6).

Menurut Danang, mendatangkan hakim dari daerah membutuhkan dana sebagai bentuk perjalanan dinas. Ia mengaku telah berkonsultasi dengan Kementerian Keuangan namun belum memperoleh titik temu. Ia mengatakan tidak mungkin apabila memangkas dana alokasi untuk dukungan manjemen Komisi Yudisial.

Danang menuturkan dana dukungan untuk manajemen Komisi Yudisial tidak bisa dipangkas karena merupakan biaya tetap yang harus dikeluarkan. Ia menyebut biaya tetap itu layaknya listrik, air, dan operasional lain. Ia mengatakan terpaksa memangkas pada anggaran rekrutmen, peningkatan kapasitas hakim, dan pengawasan. (Tmp)

Komentar

komentar