Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Festival Siak (IST)

Maskapai Garuda Dukung Festival Sungai Siak

Pekanbaru – Maskapai Garuda Indonesia mendukung sepenuhnya salah satu even pariwisata Festival Sungai Siak di Kampung Bandar, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dari tanggal 2 sampai 4 Juni 2016 dan sekaligus menyambut datangnya bulan puasa Ramadan tahun ini.

“Kita ingin hidupkan pariwisata di Provinsi Riau, makanya kita dukung iven ini walau masih bersifat perdana di tahun ini,” kata General Manager Garuda Indonesia Pekanbaru, Refki Riyantori di Pekanbaru, Rabu (1/6).

Dukungan Garuda tersebut, lanjutnya, diberikan dalam bentuk pemberian harga menarik berupa transportasi dan akomodasi selama tiga hari dua malam di Pekanbaru yang bertujuan menghadiri even Festival Sungai Siak kerjasama dengan enam hotel berbintang.

Sampai saat ini, kata Refki, dengan melihat jumlah pemesanan tiket di reservasi maskapai karena acara tersebut berlangsung mulai besok, maka dinilai cukup positif bagi rencana Pemerintah Kota Pekanbaru yang akan membuat wisata terapung di pinggiran Sungai Siak.

Seperti diketahui, Sungai Siak adalah sebuah sungai terletak di ibu kota Provinsi Riau dan daerah pesisir Riau tercatat merupakan sungai terdalam mencapai 30 meter dan dahulu dilalui oleh kapal-kapal besar seperti tanker dan peti kemas.

Tapi kini akibat pendangkalan, diperkirakan tinggal sekitar 18 meter. Bagi masyarakat yang ingin melewati Sungai Siak, bisa menggunakan Jembatan Siak I atau dikenal Jembatan Leighton, Jembatan Siak II dan Jembatan Siak III atau Jembatan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah.

“Para calon penumpang Garuda rute Jakarta-Pekanbaru yang dilayani tujuh kali sehari, akan diinapkan pada enam hotel dengan letak cukup refresentatif untuk iven ini. Dari data terkahir setelah kami cek, cukup lumayan terutama hari ini dan besok,” ucapnya.

Selama tiga hari pelaksanaan Festival Sungai Siak akan digelar parade perahu, lalu pentas seni dan tradisi, permainan tradisional, pesta kuliner, pameran foto, lomba foto, lomba mengarang serta lomba mewarnai.

“Garuda di Pekanbaru punya komitmen bahwa bagaimana kami bawa orang luar Riau ke Pekanbaru dengan target pariwisata kita bisa hidup, ekonomi mikro hidup dan pelaku wisata hidup. Itu harapan kami,” ucap Rifki.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT sebelumnya menyambut positif dengan memberi dukungan penuh terhadap even perdana tersebut, sebagai pertanda awal kebangkitan pariwisata di Sungai Siak.

Festival Sungai Siak akan dirancang selama tiga hari yang dilaksanakan sampai akhir pekan dan waktu pelaksanaan hampir bersamaan dengan petang mengang atau petang balimau dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan tahun ini. (Antara)

Komentar

komentar