Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Wednesday,21 November 2018
Ilustrasi (IST)

Melihat Kepribadian Orang dengan Cara Makan

Ahli makanan, Juliet Boghossian, mengatakan cara seseorang menyantap makanan berkaitan erat dengan tipe kepribadiannya. Penggagas Food-ology ini, seperti dikutip The Huffington Post, mengatakan kebiasaan makan seseorang mengungkapkan aspek kepribadian dan kecenderungan perilakunya.

Senada dengan Boghossian, psikolog State University of New York, Julia Hormes, mengatakan kebiasaan makan dapat mengungkapkan siapa diri kita. Keduanya membagi kebiasaan makan dan kepribadian dalam lima golongan berikut ini.

1. Makan perlahan (slow eater)
Tipe ini selalu menjadi orang terakhir yang menghabiskan makanan. Walaupun porsi yang dipesan lebih sedikit dari porsi yang lain, dia sangat menikmati makanan yang disantapnya. Menurut Boghossian, tipe ini suka memegang kendali, mengerti bagaimana cara menghargai hidup, cenderung percaya diri, dan konsisten keras kepala.

2. Pemakan cepat (the faster eater)
Tipe ini akan menyantap makanan dengan lahap dan sangat cepat. Pemakan cepat cenderung ambisius, berorientasi pada tujuan, senang pengalaman baru, aktivitasnya cepat, dan sangat menikmati hidup. Namun sebaiknya kita makan secara efisien karena makan terlalu cepat juga membawa risiko bagi kesehatan, terutama berat badan gampang naik.

3. Sang petualang (the adventure)
Tipe ini penuh petualangan karena selalu mencari sensasi makan baru. Ketika datang ke suatu daerah, dia pasti berwisata kuliner dengan mencari makanan khas daerah tersebut. Tipe ini selalu tertantang untuk mencoba hal-hal baru dan dapat menyesuaikan diri di tempat yang penuh kreativitas.

4. Pemilih makanan (the picky eater)
Tipe ini sangat pemilih. Biasanya kebiasaan tersebut dilakoni sejak kecil dengan hanya memilih makanan yang disukainya. Tipe ini cenderung tidak mau mencoba sesuatu yang baru. Jika aroma makanan tidak familiar sudah pasti ditolak. Tipe ini suka mencari sensasi, sering dilanda rasa cemas, takut, cemburu, dan sering jijik.

5. Pemilah Makanan (the isolationist)
Tipe ini adalah orang yang menghabiskan makanannya satu per satu. Dia orang yang hati-hati, sangat detail, cenderung keras kepala, disiplin, dan selalu menyelesaikan satu tugas sebelum pindah ke tugas lain. (Tmp)

Komentar

komentar