Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Menteri Perumahan dan Desa Tertinggal, Marwan Jafar. [suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Menteri Marwan Minta Dana Desa untuk Bangun Pasar Tradisional

Jakarta – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Marwan Jafar mendorong pemanfaatan dana desa untuk membangun pasar agar memiliki dampak langsung terhadap perekonomian desa.

Selama ini, petani kerap diresahkan oleh ulah tengkulak yang membeli produk dengan harga murah, dan menjualnya kembali dengan harga tinggi. Menurut Marwan, harga produk pertanian dari petani seyogyanya dapat dikendalikan melalui pasar desa yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Tapi sebelum membangun pasar desa, pastikan dulu jika infrastruktur dan pelayanan sosial dasar di desa sudah terpenuhi. Seperti jalan, Posyandu, PAUD dan sebagainya,” kata Marwan, dalam penjelasan resminya, Selasa (14/6).

Marwan mengatakan, jika pasar desa dikendalikan oleh BUMDes, hal itu dapat memutus panjangnya rantai distribusi produk dan terhindar dari tengkulak.

“Tahun ini kami targetkan 15.000 BUMDes berhasil terbentuk. Harapannya, pasar-pasar di desa dapat dikelola oleh BUMDes, agar harga juga bisa dikendalikan. Ini juga bisa membantu meminimalisir lonjakan harga yang sering terjadi saat Ramadan,” ujarnya.(Kmps)

Komentar

komentar