Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi (IST)

Minum Susu Dapat Bakar Timbunan Lemak

Jakarta – Ada orang yang salah kaprah bila banyak minum susu dapat membuat gemuk, padahal dengan minum susu dapat membakar timbunan lemak di dalam tubuh, kata seorang ahli gizi.

Ahli gizi Emilia Achmadi MS RD mengatakan susu mengandung protein atau lemak jenuh yang tidak mudah dicerna, sehingga untuk mencerna protein itu memerlukan energi yang lebih banyak.

Kekurangan energi untuk memproses protein itu, kata dia, diambil dari energi hasil pembakaran timbunan lemak dalam tubuh. “Saya tidak gemuk-gemuk yang rutin minum susu satu liter per hari,” kata Emilia, yang juga konsultan gizi atlet Indonesia itu, pada acara workshop Tetap Sehat Setelah Ramadan bersama Greenfields di kawasan Kuningan, Rabu (22/6).

Dia menyarankan minum susu tiga gelas per hari atau sebanyak 3 x 200-250 cc per hari. Dalam susu juga mengandung kalsium, tapi paling mudah dicerna. Fungsi kalsium tidak hanya untuk tulang saja, juga untuk mengatasi kontraksi otot terutama otot jantung.

Kalau ada atlet yang kram, kata Emilia, disarankan untuk langsung minum susu untuk mengatasi kram itu. Kalsium di susu juga dapat untuk pencegahan terutama kardiovaskuler. (Bsn)

Komentar

komentar