Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Ilustrasi minyak tumpah (IST)

Minyak Tumpah, KSOP Dumai: Pipa Pecah

Dumai – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Dumai menyebutkan tumpahan minyak kelapa sawit, Kamis dinihari, di areal pelabuhan setempat akibat salah satu pipa loading milik perusahaan pecah.

Kepala Seksi Penjagaan, Patroli dan Penyidikan KSOP Dumai Jannes Sinaga mengatakan, minyak tumpah ke laut terjadi saat proses loading sedang berlangsung dari atas kapal ke tangki pabrik milik PT Kuala Lumpur Kepong di kawasan Pelindo Dumai.

“Jumlah minyak yang tumpah belum dapat ditaksir dan hasil penyelidikan sementara terjadi akibat kebocoran salah satu pipa loading milik perusahaan,” kata Jannes, Kamis (2/6).

Dia menambahkan, upaya pembersihan minyak crude palm oil yang tumpah tersebut telah dilakukan petugas kebersihan dari perusahaan terkait dengan menggunakan peralatan manual yaitu ember dan lain sebagainya.

Sementara, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Dumai Bambang Surianto menjelaskan tumpahan CPO dari kapal tongkang bernama Anggoda tidak terlalu berbahaya karena merupakan minyak nabati.

Menurut dia, upaya evakuasi minyak yang tumpah ke perairan tersebut telah ditangani pihak perusahaan dengan melakukan pembersihan agar tidak meluas ke tengah laut.

“Meski tidak berbahaya tapi tetap harus dibersihkan tumpahan minyak tersebut, dan kita telah melakukan pengambilan sampel air laut yang diluberi CPO ini,” kata Bambang. (Antara)

Komentar

komentar