Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Ilustrasi (IST)

Orangtua Harus Perhatikan Anak saat Pegang Gawai

Aneka perangkat (gawai) gadget punya daya sihir yang besar bagi anak masa kini. Permainan yang interaktif, penuh warna, suara, dan gerak, membuat anak bisa betah berlama-lama memainkan gadgetnya.

Sebagian orangtua mungkin menganggap gawai sebagai musuh anak, karena anak jadi malas mengerjakan hal lain jika sudah menggunakan gadget. Tapi, harus diakui bahwa gadget tak lagi sekedar alat komunikasi dan hiburan, tapi juga sumber informasi.

Bila dimanfaatkan dengan benar gadget bahkan bisa dijadikan sarana untuk berkreasi dan memperluas pengetahuan. Itu sebabnya orangtua tidak bisa mengisolasi anak dari gadget. Ketimbang khawatir terus-menerus pada kehadiran gadget, orangtua seharusnya memegang kendali penggunaan gadget. Apalagi anak-anak di masa kini adalah digital native.

Riafinola Sari atau akrab disapa Nola, personil B3 sekaligus ibu tiga anak, mengaku tidak melarang anak-anaknya akrab dengan gadget, ia tapi ia juga membekali diri dan mengikuti perkembangan teknologi digital.

“Teknologi digital bukan hanya untuk bermain games, tapi juga untuk mengerjakan tugas sekolah. Dulu anak belajar dari buku, sekarang dari internet. Sebagai orangtua, saya harus belajar atau mengerti lebih dulu dari anak,” kata Nola dalam acara talkshow bertajuk Maksimalkan Penggunaan Teknologi Digital bagi Ibu Modern yang diadakan oleh Samsung di Jakarta (29/5/2016).

Nola mengatakan, ia memang membuatkan akun media sosial untuk ketiga anaknya, yaitu Naura (10), Bevan (9) dan Neona (7), demi keperluan promosi.

“Saya memakai media sosial untuk berpromosi, terutama karena Naura mulai berkarier sebagai penyanyi. Tapi, kontrol tetap ada di saya, sebelum posting atau menjawab komentar anak-anak tetap ijin dulu,” ujarnya.

Nola juga memanfaatkan fitur-fitur parenting control yang tersedia di gawai. “Dengan fitur ini saya bisa mengatur lamanya penggunaan gadget dan juga menentukan apa aplikasi yang bisa diakses anak-anak,” ujarnya. (Kmps)

Komentar

komentar