Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,23 July 2018
Drone (IST)

Pantau Mudik, Polda Riau Gunakan Drone

Pekanbaru – Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Riau mengerahkan sebanyak enam unit Drone atau pesawat tanpa awak guna mengawal dan memantau arus mudik Idul Fitri 1437 Hijriah.

“Ada enam drone yang akan ditempatkan di sejumlah jalur perbatasan seperti Pekanbaru-Kampar, atau Dumai dan Pelalawan,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Riau, Kombes Pol Guritno di Pekanbaru, Rabu (29/6).

Dia mengatakan, keenam pesawat tanpa awak tersebut nantinya akan beroperasi selama arus mudik dan arus balik sepanjang Operasi Ramadaniah 2016. Menurutnya, fungsi Drone yang nantinya akan melengkapi 49 Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan yang dibentuk Ditlantas Polda Riau itu akan memantau jalur mudik dan arus lalu lintas dari udara.

Selain itu, pesawat tanpa awak yang belakangan ini semakin digemari berbagai kalangan guna mengambil pencitraan permukaan bumi dari udara itu akan dimanfaatkan untuk memantau jalur rawan kecelakaan.

Sistem itu dibangun sedemikian rupa dengan seluruh Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan di seluruh Riau untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pemudik.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebu, Kombes Pol Guritno turut mengimbau kepada pemudik agar memastikan kendaraan dalam kondisi optimal. Terkait kegiatan mudik menggunakan sepeda motor, dia mengimbau agar sebaiknya tidak dilakukan karena membahayakan pengendaranya. (Antara)

Komentar

komentar