Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,23 October 2018
Dermaga apung (IST)

Pekanbaru Peroleh Bantuan Enam Dermaga Apung

Pekanbaru – Kota Pekanbaru mendapatkan bantuan untuk mengembangkan enam unit dermaga apung dari Pemerintah Provinsi Riau Rp3,1 miliar.

“Kita akan terima bantuan enam dermaga apung dengan total Rp3,1 miliar untuk transportasi sungai. Bantuan itu, diberikan pemerintah provinsi melalui dana bersumber dari APBD Riau 2016,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pekanbaru Aripin Harahap di Pekanbaru, Rabu (1/6).

Dia megatakan pemberian bantuan tersebut dilakukan pada sangat yang tepat karena Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tahun ini ingin merealisasikan pembangunan wisata dan transportasi air demi menghidupkan kembali lalu lintas di Sungai Siak.

Kondisi penyeberangan penumpang terutama dari kapal menuju darat atau sebaliknya saat ini sudah mengalami kondisi yang darurat di Pekanbaru, sebagai ibu kota Provinsi Riau.

Enam titik dermaga apung itu nantinya bakal ditempatkan semua di pelabuhan rakyat seperti Melebung, lalu Okura, kemudian Tenayan Raya atau kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Pasar Pariwisata, Meranti Pandak dan Tuan Kadi.

“Akibat kondisi penyeberangan yang sudah darurat, sementara anggaran kita terbatas karena APBD Pekanbaru tahun ini defisit hingga Rp1 triliun,” ucapnya.

Arifin belum bisa memastikan kapan enam unit dermaga apung tersebut terealisasi atau diserahkan kepada Pemko Pekanbaru, karena hingga kini pihaknya sedang menunggu pemberitahuan dari pemerintah provinsi.

“Selama ini, memang kita belum punya dermaga yang representatif. Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, maka jalur transportasi air di Sungai Siak bisa kembali hidup dengan melayani angkutan baik orang atau barang,” katanya.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengaku objek wisata di daerah tersebut bisa dikatakan minim, tapi pihaknya telah merencanakan membuat wisata terapung di pinggiran Sungai Siak. (Antara)

Komentar

komentar