Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,23 July 2018
Ilustrasi pabrik karet (IST)

Pemkot Pekanbaru Relokasi Dua Pabrik Karet

Pekanbaru – Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau akan segera merelokasi dua pabrik karet yakni PT Rekri di Rumbai dan PT Bangkinang di Marpoyan Damai dari pemukiman yang padat penduduk.

“Kami tidak lagi memberi izin perpanjangan usaha bagi kedua perusahaan karet tersebut,” kata Kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal Pekanbaru M Jamil di Pekanbaru, Kamis (16/6)

M Jamil menjelaskan sudah sejak lima tahun lalu direncanakan pemindahan lokasi kedua pabrik karet tersebut dari wilayah pemukiman padat penduduk itu.

Namun karena sesuai aturan ikatan kontrak kerja sama maka harus menunggu hingga masa berlaku izin usaha PT Rekri di Rumbai dan PT Bangkinang di Marpoyan Damai berakhir.

Apalagi kedua pemilik usaha tersebut juga harus bersiap mencari lahan baru yang jadi lokasi baru di luar Pekanbaru.

“Jadi saat ini perpanjangan izin dua pabrik karet tersebut sudah kami tolak,” tegasnya.

M Jamil menilai lokasi kedua pabrik yang di bantaran Sungai Siak, Kecamatan Rumbai dan Jalan Taskurun Kecamatan Marpoyan Damai sudah tidak representatif. Selain berada dijalur padat lalu lintas, juga sudah sangat mengganggu kenyamanan penduduk yang tinggal persis berseberangan hingga radius beberapa kilometer.

“Keberadaan kedua pabrik karet tersebut tepat di tengah pemukiman warga, itu sudah tidak ideal lagi. Maka dari itu apapun bentuk perpanjangan izin mereka kita tidak akan diproses lagi,” katanya lagi. (Antara)

Komentar

komentar