Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,16 August 2018
Tenaga Kesehatan (IST)

Pemprov Kepulauan Riau Minta Tenaga Kesehatan Siap Hadapi MEA

Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mendorong tenaga kesehatan meningkatkan kualitasnya agar mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun, di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan pemerintah bekerja sama dengan Politeknik Kesehatan (Poltekes) Tanjungpinang untuk menyiapkan tenaga kesehatan yang berbasis internasional.”Ini dalam rangka menyongsong kesiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” ujarnya, Rabu (1/6).

Menurut dia, MEA telah mendorong para pekerja pada semua bidang untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas diri agar mampu bersaing di pasar global, termasuk tenaga kesehatan. Selain memiliki keahlian khusus, para pekerja juga harus mampu menggunakan bahasa Inggris.

Jika tidak siap, lanjutnya, tenaga kesehatan Kepri akan diisi oleh tenaga kerja dari luar negeri, sementara masyarakat tempatan hanya bisa menonton.

Kondisi ini yang harus diperhatikan bersama sehingga pekerja dapat menangkap peluang MEA.

“Kami tidak mau masyarakat Kepri hanya jadi penonton, karena itu harus menyiapkan diri untuk bersaing di MEA. Untuk itu kami juga telah meminta Dinas Kesehatan agar segera menyusun program kesehatan yang berbasis internasional, yang kemudian bisa mencetak kadet-kader kesehatan yang mampu bersaing,” kata Nurdin. (Antara)

Komentar

komentar