Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,22 July 2018
Penyelundupan bawang (IST)

Polres Dumai Gagalkan Bawang Merah Selundupan Malaysia

Dumai – Satuan Polisi Air Polres Dumai menggagalkan 220 karung bawang merah selundupan asal Malaysia di perairan Bulu Hala Kecamatan Sungai Sembilan pada Senin (20/6) dinihari kemarin.

Aktivitas penyelundupan bawang merah yang diangkut oleh kapal motor tanpa nama berukuran GT 7 ini berhasil digagalkan oleh unit kapal cepat Patroli Polsi IV-1202 Satpol Air Polres Dumai.

Kapolres Dumai AKBP Donald H Ginting kepada wartawan di Dumai, Selasa, menyebutkan, bawang merah selanjutnya disita dengan taksiran berat sekitar dua ton dan kapal tanpa nama diawaki dua warga Dumai inisial Bh dan Sp.

“Saat diamankan, muatan bawang merah tidak memiliki dokumen resmi dan sertifikat kesehatan dari negara asal,” kata Kapolres.

Dijelaskan, kapal GT 7 tanpa nama ini berangkat dari Desa Teluk Tungku Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis sekitar pukul 02.30 WIB untuk dibawa dan dibongkar di Sungai Masjid Dumai.

Pengakuan dari nakhoda kapal, setiap sekali keberangkatan menerima upah sebesar Rp2 juta dari pemain bawang tersebut, dan saat ini kapal motor beserta muatan sudah diamankan di dermaga Satpolair Polres Dumai.

“Nakhoda dan kapal motor serta muatan bawang merah sudah kita amankan untuk kepentingan proses hukum lebih lanjut,” kata Kapolres lagi.

Kasat Polair Polres Dumai AKP Yudhi Franata menambahkan, penangkapan kapal pengangkut bawang ini berkat informasi dari masyarakat terkait ada aktivitas membawa masuk komoditi umbi lapis ke perairan Dumai. (Antara)

Komentar

komentar