Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,21 October 2018
Festival Sungai Siak (IST)

Riau Ingin Tarik Wisatawan ke Festival Sungai Siak

Pekanbaru – Asosiasi Biro Perjalanan dan Wisata Indonesia (ASITA) Riau menginginkan menarik wisatawan nusantara tahun ini, yang ditetapkan 260 juta orang secara nasional, dengan menggelar Festival Sungai Siak di Kampung Bandar, Kota Pekanbaru, mulai 2-4 Juni 2016.

“Kita ingin intregrasikan pariwisata antar wilayah di Indonesia. Ngapain ke luar negeri, sementara pariwisata kita jelas. Salah satunya iven Festival Sungai Siak ini untuk menarik terutama wisnus,” papar Ketua ASITA Riau, Dede Firmansyah di Pekanbaru, Rabu (1/6).

Iven tersebut, menurutnya, dilaksanakan selama tiga hari dengan target mendatangkan para wisatawan domestik sekitar 3.000 orang baik berasal dari luar atau dalam Provinsi Riau, maupun mereka yang berada di Kota Pekanbaru sendiri.

Pihaknya juga telah mengundang dan melibatkan para ekspatriat yang bekerja di perusahaan multinasional PT Chevron Pasific Indonesia dan produsen industri kertas PT Riau Andalan Pulp and Paper di provinsi tersebut.

“Alhamdulillah, ekspatriat dari Chevron dan RAPP sudah beri respon dan mau ikutan. Makanya kita upayakan mereka hadir. Nanti akan di foto hasil masakan mereka terutama dengan menunya Melayu di Riau,” ucapnya.

Dede mengatakan, dalam pelaksanaan Festival Sungai Siak akan digelar berbagai acara seperti parade perahu, lalu pentas seni dan tradisi, permainan tradisional, pesta kuliner, pameran foto, lomba foto, lomba mengarang serta lomba mewarnai.

Pada hari pertama pembukaan festival, lanjut dia, akan ditampilkan pertunjukan tiga dramer dari Ikatan Drummer Indonesia (IDI) dan salah satunya menampilkan seorang drummer senior yang telah malang melintang di dunia musik tanah air Budi Haryono.

“Iven ini baru pertama kali digelar, sudah pasti gaungnya kita hidupkan dulu. Di samping tamu dari luar kota, warga Pekanbaru sendiri juga butuh hiburan. Kita sudah beri tahu camat minimal 4 kecamatan seperti Senapelan, Rumbai, Rumbai Pesisir dan Lima Puluh ramaikan acara,” terang Dede.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT sebelumnya menyambut positif dengan memberi dukungan penuh terhadap even perdana tersebut, sebagai pertanda awal kebangkitan pariwisata di Sungai Siak.

Festival Sungai Siak akan dirancang selama tiga hari yang dilaksanakan sampai akhir pekan dan waktu pelaksanaan hampir bersamaan dengan petang mengang atau petang balimau dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan tahun ini.

“Mendengar pemaparan event wisata ini, saya senang sekali. Kami sangat mendukung dan memberi apresiasi penuh karena memang sudah lama menjadi impian kami. Kita telah 15 tahun lamanya menunggu konsep wisata di Sungai Siak ini,” ucap Firdaus.

Kementerian Pariwisata sebelumnya telah menetapkan target kunjungan wisatawan ke Indonesia tahun 2016 sebesar 272 juta orang, terdiri atas 12 juta wisatawan mancanegara dan 260 juta wisatawan nusantara.

“Target wisatawan mancanegara tahun 2016, 12 juta. Target wisatawan nusantara, 260 juta perjalanan,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Dengan angka kunjungan wisatawan mancanegara tersebut, kata Arief, pihaknya telah memproyeksikan Indonesia akan menerima pendapatan devisa sebesar Rp 172 triliun. (Antara)

Komentar

komentar