Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,20 September 2018
RSUD Arifin Achmad (IST)

RSUD Riau Siap Tampung Pasien Vaksinasi Ulang

Pekanbaru – Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, dr Nuzeli Husnedi, menyatakan pihaknya siap menampung pasien untuk melakukan vaksinasi ulang, sebagai antisipasi beredarnya vaksin palsu di daerah tersebut.

“Kalau usia anak masih masuk (kategori), lebih baik imunisasi ulang yang bisa dilakukan di rumah sakit pemerintah maupun puskesmas,” kata dr Nuzeli kepada Antara di Pekanbaru, Rabu.

Ia memastikan bahwa vaksin di Puskesmas maupun rumah sakit umum daerah terjamin keasliannya karena persediaannya disuplai langsung dari Kementerian Kesehatan. Ia menduga peredaran vaksin palsu di Riau bisa saja terdapat di klinik maupun rumah sakit swasta.

Menurut dia, imbas dari vaksin palsu terhadap anak relatif sulit untuk diidentifikasi, kecuali apabila terdapat reaksi alergi pada anak sebagai reaksi jangka pendek. Sebabnya, vaksin palsu diduga hanya berisi cairan NaCl atau larutan garam sehingga tidak terlihat dampaknya langsung.

“Untuk dampaknya ke tubuh dalam jangka pendek akan sulit dibedakan. Jadi, kalau anak kita apabila sempat divaksinasi di rumah sakit swasta dan kita ragu, lebih baik divaksinasi ulang kalau umurnya masih cukup,” katanya. (Antara)

Komentar

komentar