Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Wednesday,21 November 2018

Satgas Karlahut Riau Dibekali Ponsel Android

Pekanbaru – Satuan Tugas Kebakaran Lahan dan Hutan Provinsi Riau membekali personel patroli dengan ponsel berbasis android untuk memaksimalkan pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran yang terjadi setiap tahun di daerah ini.

“Patroli tersebut dimaksudkan agar lebih terpadu dengan menggunakan telepon pintar berbasis android. Setiap regu nantinya mengirimkan foto kegiatan ‘track’ perjalanan ke posko BKSDA sehingga bisa dipantau seberapa jauh dan seperti apa rute perjalanannya,” kata Kadis Ops Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Yani Amirullah yang merupakan bagian dari Satgas Udara Karlahut Riau di Pekanbaru, Rabu (16/6).

Ia menjelaskan peralatan tersebut disediakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) ke sejumlah pos yang dianggap rawan terjadinya Karlahut. Menurutnya, sistem yang diterapkan dengan peralatan itu memang belum secanggih aplikasi sekelas angkutan daring.

“Namun, harapannya dengan alat tersebut dapat membuat pekerjaan menjadi lebih maksimal dan terorganisir,” jelasnya.

Sistem program Patroli terpadu dan terukur berbasis android dalam penanggulangan Karlahut Riau mulai diluncurkan sejak Maret 2016.

Tim patroli terpadu tersebut terdiri dari Manggala Agni, Kepolisian, dan TNI. Seluruhnya berjumlah 20 regu. Masing-masing regu berjumlah 6 orang petugas. Mereka tersebar di seluruh Provinsi Riau melakukan upaya pencegahan Karlahut, dan penanggulangan.

Sekretariat Manggala Agni BBKSDA Riau, Ihsan Abdillah kepada wartawan mengatakan wilayah yang dianggap rawan terjadinya Karlahut Riau diantaranya adalah Bengkalis, Rokan Hilir, Dumai, Siak, Indragiri Hulu, dan Pelalawan. (Antara)

Komentar

komentar