Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,23 July 2018
Ilustrasi (IST)

Tak Ada Vaksin Palsu di Dumai

Dumai – Dinas Kesehatan Kota Dumai menilai peredaran vaksin palsu yang diisukan hingga ke Provinsi Riau dinyatakan nihil di Dumai karena fasilitas medis pemerintah dan swasta membeli langsung ke distributor resmi.

Peredaran vaksin palsu yang baru ini berhasil diungkap Polri tersebut dikhawatirkan hanya bisa beredar di tempat pelayanan medis swasta tidak resmi atau ilegal jika ada beroperasi.

“Kebutuhan vaksin untuk rumah sakit, puskesmas kita pesan dari distributor resmi, dan kecil kemungkinan barang palsu ini beredar di Dumai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota dumai Paisal di Dumai, Minggu (26/6)

Selanjutnya, Dinkes Dumai akan berkoordinasi dengan Balai Pengawasan Obat Makanan (BPOM) Provinsi Riau selaku pihak berwenang untuk melakukan pengawasan terhadap peredaran vaksin palsu ini.

Selain itu, Dinas Kesehatan Dumai juga mengimbau pengelola fasilitas medis swasta, klinik atau balai pengobatan untuk mewaspadai peredaran vaksin palsu ini karena dapat membahayakan kesehatan masyarakat pasien.

“Kita minta petugas medis dan pengelola pelayanan swasta untuk waspada dan berhati hati terhadap peredaran vaksin palsu ini agar tidak ada yang dirugikan,” jelasnya.

Sementara, Direktur RSUD Dumai dr Syaiful menjamin aman dan tidak ada peredaran vaksin palsu di rumah sakit milik pemerintah tersebut karena untuk kebutuhan langsung dipasok dari Kementerian Kesehatan RI atau instansi terkait setempat.

Menurut dia, rumah sakit justru tidak menggunakan vaksin atau bahan antigenik untuk kekebalan tubuh tersebut kepada pasien, melainkan hanya menyediakan pelayanan medis dengan obatan. (Antara)

Komentar

komentar