Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,17 July 2018
Mudik dengan kereta (IST)

Tips Nyaman Naik Kereta saat Mudik

Arus mudik Labaran sudah mulai terjadi dibeberapa wilayah. Di Jakarta misalnya, sejumlah stasiun mulai ramai dipadati para pemudik.

Bagi anda yang termasuk pemudik menggunakan kerata api, ada baiknya mempersipakan diri agar mudik tahun ini bisa lebih nyaman.

Berikut tips mudik nyaman naik kereta api langsung dari PT KAI yang disampaikan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro akhir pakan lalu.

1. Segera Print Tiket Bagi pemudik yang sudah dapat nomer booking

PT KAI mengimbau agar segera di print tiketnya. Sebab bila melakukan pencetakan tiket jelang waktu mudik, kondisi stasiun akan dipenuhi para pemudik lainya. Kondisi terburuknya, anda harus berjejalan hanya untuk print tiket.

2. Bawa Barang Secukupnya

PT KAI sudah melakukan pembatasan berat bawaan yang bisa dinaikan ke kereta seberat 20 kilogram saja. Oleh karena itu, para pemudik disarankan tidak membawa banyak barang bawaan.

Selain akan mempersulit garak ketika naik dan turun dari kereta, bawaan barang yang banyak melebihi 20 kg juga akan dikenai biaya tambahan.

3. Jangan Berlebihan

Dalam situasi mudik Lebaran, stasiun acap kali dipadati para pemudik. Potensi kriminal layaknya pencopetan atau penjambretan kian besar. Oleh karena itu, KAI menyarankan agar para pemudik tidak berlebihan dalam berpakaiaan termasuk dalam menggunakan perhiasan.

4. Datang Sesuai Jadwal

Bagi anda para pemudik menggunakan kerata api, ada baiknya datang ke stasiun sesuai jadwal kereta. Sebab bila datang jauh lebih awal, maka akan terjadi penumpukan pemudik di stasiun.

PT KAI mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat duduk. Sebab, PT KAI sudah menerapkan sistem satu tiket satu tempat duduk. Artinya, semua yang memegang tiket, pasti akan kebagian tempat duduk.

“Oleh sebab itu kalau tiketnya jam 4 sore ya jangan datang jam 8-9 pagi karena itu akan numpuk pasti di stasiun,” kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro. (Kmps)

Komentar

komentar