Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,22 October 2018
Ilustrasi minyak tumpah (IST)

Tumpahan Minyak Diselidiki KSOP Dumai

Dumai – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Dumai mengaku lakukan penyelidikan tumpahan minyak kelapa sawit di perairan dengan memeriksa nakhoda kapal tongkang Anggoda dan managemen PT Kreasi Jaya.

“Nakhoda dan perusahaan sudah diperiksa terkait tumpahan minyak dan pengakuan mereka hanya 300 liter yang jatuh ke perairan,” kata Kepala Seksi Penjagaan, Patroli dan Penyidikan KSOP Dumai Jannes Sinaga, di Dumai, Jumat.

Ia menjelaskan, pemeriksaan dua pihak terkait tumpahan minyak ini belum ada kesimpulan akhir karena masih dalam penyelidikan pihaknya.

Kronologis kejadian bermula seorang kru melihat kepulan asap pada bagian mesin pompa minyak di kapal setelah 15 menit proses pemindahan minyak berlangsung dari kapal ke tangki perusahaan asal Malaysia tersebut.

Selanjutnya, awak kapal melihat di bagian pipa ada kebocoran berukuran kecil dan minyak muncrat keluar, kemudian langsung dilakukan penutupan pada mesin pompa agar tumpahan tidak semakin banyak.

Sedangkan pihak perusahaan mengaku telah melakukan persiapan pengecekan pipa sebelum proses transfer minyak dimulai, dan saat itu dipastikan tidak ada persoalan pada pipa.

“Keterangan dua belah pihak ini masih didalami dan akan dikonfrontir untuk mengetahui kejadian sebenarnya,” ujar dia. (Antara)

Komentar

komentar