Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Sunday,24 June 2018
Kebakaran hutan Riau (IST)

Aktivis Walhi Riau Pertimbangkan Praperadilan SP3 Karhutla

Pekanbaru – Sejumlah aktivis lingkungan mempertimbangkan untuk melakukan praperadilan terkait diterbitkannya surat penghentian penyidikan (SP3) terhadap 15 perusahaan yang diduga melakukan pembakaran lahan di Provinsi Riau.

“Kita masih diskusi dengan teman-teman pengacara (untuk praperadilan),” kata koordinator data base dan administrasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau, Fandy Rahman kepada Antara di Pekanbaru, Senin (25/7).

Fandy bersama sejumlah aktivis lingkungan menggelar aksi di depan Mapolda Riau. Dalam aksinya, aktivis yang tergabung dalam Satgas Rakyat Riau tolak SP3 mengecam dan mendesak Polda Riau untuk mencabut keputusan tersebut.

Mereka menilai SP3 tersebut telah mencederai keadilan rakyat Riau. “Terlebih lagi SP3 tersebut tidak sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo dalam memberantas Karhutla,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubdit IV Direktorat Kriminal Khusus Polda Riau, AKBP Hariwiyawan Harun menyambut baik jika para aktivis lingkungan itu melayangkan pra peradilan dengan keputusan penyidik menerbitkan SP3.

“Itu adalah upaya cerdas, jadi tidak terus membuat opini ke publik,” ujarnya kepada Antara.

Lebih jauh, Hari mempersilahkan kepada para aktivis apabila dalam pra peradilan tersebut untuk menyampaikan bukti baru sehingga penyidik dapat dapat kembali membuka penyidikan.

“Penyidikan itu bisa dibuka kalau ada bukti baru dan melalui upaya pra peradilan. Kita akan sangat terbuka dengan upaya tersebut,” jelasnya. (Antara)

Komentar

komentar