Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,22 September 2018
Obat tradisional ilegal (IST)

BPOM Pekanbaru Temukan Obat Tradisional Ilegal

Dumai – Balai POM Pekanbaru temukan sejumlah obat tradisional tanpa izin edar dan impor ilegal mengandung bahan kimia yang seharusnya sudah ditarik dari peredaran di satu klinik swasta di Kota Dumai, Kamis.

Petugas BPOM Pekanbaru di Dumai Martina Yoan mengatakan, obat tradisional tanpa izin dikemas dalam tiga kotak dan 12 bungkus jamu tersebut selanjutnya disita karena tidak layak untuk diedarkan ke masyarakat.

“Klinik menyediakan obat tanpa izin edar dan kandungan bahan tidak layak ini bisa dikenai sanksi tegas dan kita akan mengeluarkan rekomendasi ke Dinkes untuk menyikapi temuan tersebut,” kata Martina, Jumat (22/7)

Dijelaskan dia, pemeriksaaan klinik swasta di Kota Dumai ini dalam rangka pengawasan peredaran vaksin palsu di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan, bekerjasama dengan Polres dan Dinas Kesehatan setempat.

Dalam inspeksi mendadak ini dilakukan secara acak ini, petugas gabungan tidak menemukan adanya vaksin palsu, namun saja tempat penyimpanan belum memenuhi syarat karena seharusnya suhu berkisar 2-8 derajat.

Selanjutnya, diminta kepada klinik di Jalan Merdeka Kota Dumai itu untuk membenahi tempat penyimpanan vaksin sesuai syarat dan melengkapi administrasi pengadaan vaksin dari Puskesmas.

“Pengadaan vaksin resmi dan tidak ada masalah karena dipasok dari Puskesmas, namun administrasi belum lengkap dan kita minta sejumlah temuan supaya dibenahi,” sebut dia. (Antara)

Komentar

komentar