Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Wednesday,12 December 2018
Buah tin (IST)

Buah Tin Indonesia Merambah Mancanegara

Jakarta – Tidak butuh waktu lama bagi Kuntajaya Ahmad, untuk dapat merasakan buah kerja kerasnya. Budidaya buah tin yang mulai dia kembangkan pada 2010, kini sudah mulai merambah pangsa pasar luar negeri.

Hasil budidaya merambah pasar di Jawa, Sulawesi, Sumatra, Bali, sampai Papua. Kini, olahan dari pohon tin juga mulai marak diminati di Malaysia.

“Untuk pasaran di Malaysia masih belum lama, kira-kira baru awal tahun ini. Sebab ada warga sana yang tahu produk kita berupa daun teh tin dari internet, yang kemudian pesan dan sekarang menjadi langganan,” beber Kuntajaya, Jumat (29/7).

“Tapi untuk yang Malaysia, pesanan masih terbatas pada olahan teh daun tin. Belum banyak juga, sebulan paling-paling satu boks yang berisi 50 kotak,” lanjutnya.

Di tangan Kuntajaya dan beberapa karyawan yang ada di kebun tin miliknya di Perumahan Banjarsari Asri Gang X/15 RT 02/RW 01, Kecamatan Cerme, Gresik, Jawa Timur, pohon tin yang dikenal memiliki banyak manfaat, diolah menjadi beberapa produk unggulan yang layak untuk dipasarkan.

“Selain olahan berupa teh daun tin, kami juga sebenarnya jualan produk lain. Yakni, bibit tanaman buah tin serta buah tin kering. Meski untuk dua produksi jualan ini, masih terbatas untuk konsumsi dalam negeri,” bebernya. (Kmps)

Komentar

komentar