Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,19 July 2018
Ilustrasi (IST)

Cara Menjadi Orangtua Hebat

Setiap anak yang terlahir ke dunia adalah sangat istimewa. Setiap anak berpotensi menjadi hebat. Syaratnya, mereka memiliki orangtua yang hebat.

Anda bisa menjadi orangtua yang hebat. Salah satunya menerapkan pola pengasuhan co-parenting.

Metode co-parenting melibatkan ayah dan ibu yang bekerjasama untuk membesarkan anak (McHale, Lauretti, Talbot, & Pouquette, 2002).

Pola asuh ini memerlukan koordinasi dari orangtua yang saling mendukung, terutama ketika berhadapan dengan konflik (McHale, Kuersten-Hogan, Lauretti, & Rasmussen, 2000).

Pola asuh co-parenting ini sangatlah penting dalam mengahadapi anak usia remaja.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa meningkatkan pola asuh co-parenting.

1. Berbagi tanggung jawab dalam mengambil keputusan

Keputusan dalam pengasuhan harus didasarkan pendapat orangtua. Temukan batas-batas pengasuhan melalui kompromi.

2. Tidak merusak satu sama lain

Ketika salah satu orangtua membuat keputusan dan memberikan batasan, sebaiknya yang lain mendukung dan melakukannya bersama-sama.

3. Jangan biarkan anak mengatur keputusan pengasuhan

Anda merupakan orangtua, berarti Anda seseorang yang dewasa yang mengambil keputusan. Mendengarkan persepsi anak itu penting, tetapi orangtua bisa mempertimbangkan untuk membuat keputusan yang bijaksana.

4. Berkomunikasi

Komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Dalam pola pengasuhan tentu orangtua harus berkomunikasi dalam upaya menjadi orangtua yang hebat, sehingga keduanya tahu perkembangan anak dan antisipasi dalam pengasuhan.

5. Jangan melibatkan anak dalam konflik orangtua

Terkadang orangtua memiliki perbedaan pendapat, tetapi jangan melibatkan anak di dalamnya. Sebaiknya, pastikan konflik hanya terjadi pada orangtua. Lebih baik lagi Anda bisa mengurangi konflik tersebut. (kmps)

Komentar

komentar