Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Friday,19 October 2018
Impor gula (IST)

Disperindag Riau Usulkan Impor Gula

Pekanbaru – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau mengusulkan pembukaan kebijakan keran impor ke daerah setempat sebagai solusi menekan harga gula di pasar tradisional yang hingga kini tidak kunjung turun.

“Sebetulnya sudah banyak daerah yang mengusulkan untuk buka keran impor. Dari Riau sendiri, kita sudah menyurati Presiden lewat Mendag untuk segera buka keran impor,” kata Kepala Disperindag Riau Muhammad Firdaus di Pekanbaru, Jumat (29/7).

Sebagai informasi, melonjaknya harga gula pascalebaran lalu yakni dikisaran harga Rp16 ribu per kilogram, ini jauh berbeda dari normal di hari biasa gula pasir hanya dijual Rp12 ribu.

Untuk itu, Disperindag Riau mengharapkan usulan tersebut dapat menekan dan mengantisipasi harga gula yang tinggi dengan meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mengambil kebijakan pembukaan impor gula ke Riau.

Langkah lain yang diambil Firdaus adalah meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk juga menambah pasokan gula murah ke Riau. Karena naiknya harga gula ini terjadi karena permintaan yang lebih tinggi dari penawaran. Sehingga harga gula tidak kunjung turun.

Disperindag bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Riau akan menggelar rapat membahas kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) yang masih tinggi.

“Rencananya Senin besok akan kita rapatkan di Kantor BI,” tuturnya. (Antara)

Komentar

komentar