Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Friday,19 October 2018
Ilustrasi penyebaran garam (IST)

Dua Ton Garam Disebar di Langit Riau

Pekanbaru – Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Riau yang berkoordinasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebar dua ton garam di langit Riau guna membentuk hujan buatan, Senin (18/7).

“Hari ini akan ada dua kali penerbangan menggunakan pesawat Cassa bantuan BNPB di wilayah langit Bengkalis, Siak dan Pelalawan,” kata Anggota Satgas Udara Karhutla Riau, Lettu Sheriff di Pekanbaru.

Ia mengatakan, setiap satu kali penerbangan atau satu sorti, pesawat tersebut membawa satu ton garam. Penerbangan pertama akan di lakukan di wilayah Bengkalis, Siak, dan Pelalawan.

Selanjutnya penerbangan kedua akan dilakukan di wilayah Siak dan Pelalawan. Menurut dia, wilayah tersebut terpantau awan pada ketinggian 8.000-11.000 kaki yang berpotensi untuk menghasilkan hujan dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Operasi hujan buatan melalui program TMC yang diprakarsai BPPT di Riau berlangsung sejak Jumat pekan lalu (14/7) sebagai upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Operasi tersebut terus dilakukan meski wilayah Riau hari ini tidak terpantau adanya titik api yang mengindikasikan Karhutla. (Antara)

Komentar

komentar