Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Saturday,22 September 2018
Topi khas dari Palangkaraya (Dok. Kompas)

Ini Dia Souvenir Unik Khas Palangkaraya

Palangkaraya – Kalimantan memang terkenal oleh kerajinan songket yang khas. Namun saat berkunjung ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, ada satu kerajinan unik lainnya yang pantas dijadikan oleh-oleh.

Hampir semua toko di Palangkaraya menjual songket, kain batik, batu permata khas Martapura, sampai akesori seperti kalung dan gelang.

Namun, salah satu toko menjual topi unik yang terbuat dari kulit kayu. “Topi ini terbuat dari kayu nyamung. Kuat dan tahan air,” tutur salah satu penjaga toko di Jalan Riau, Palangkaraya.

Ada topi yang berwarna cokelat, ada juga yang berwarna cokelat muda (krem). Topi berbentuk bundar seperti cowboy hat itu dilengkapi tali di bagian bawahnya.

Untuk sebuah topi dari kulit kayu asli, harganya tidak mahal. Topi tersebut dijual Rp 160.000 per buah. Selain dari kayu nyamung, ada pula topi dari anyaman rotan yang dijual Rp 120.000 per buah.

Selain topi, ada beragam kerajinan rotan yang bisa dibeli. Tas beragam bentuk dijual mulai Rp 160.000-450.000 per buah. Ada pula beragam suvenir lainnya khas Kalimantan, seperti mandau dan beragam minyak gosok tradisional.

Songket dan kain batik khas Kalimantan dijual mulai Rp 80.000-250.000. Kain songket biasa dipatok Rp 150.000, dengan lebar dua meter dan lengkap dengan selendang.

Deretan toko di Jalan Riau ini buka hingga larut malam, sekitar pukul 21.00 WIB. Ada pula aneka camilan untuk buah tangan, seperti ikan seluang yang digoreng kering. Seluang adalah ikan khas Kalimantan. (Kmps)

Komentar

komentar