Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Monday,23 July 2018
Foto: Ilustrasi (techcrunch)

Ini Saran Dokter Agar Olahraga dengan Pokemon Go Bisa Lebih Maksimal

Jakarta, Permainan Pokemon Go yang kini populer di antara para pengguna smartphone mendapat pujian dari ahli kesehatan. Alasannya karena permainan yang memanfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System) ini mendorong pemainnya untuk aktif bergerak.

Seperti yang telah diketahui gaya hidup sehat lewat aktivitas fisik sering disarankan sebagai cara pencegahan terhadap berbagai risiko kesehatan seperti diabetes, hipertensi, dan juga obesitas.

Nah untuk mereka yang gemar bermain dan juga ingin memperoleh manfaat kesehatannya secara maksimal, dr Fajar Pradhana Putra dari RSUD Prof Dr M.A Hanafiah punya beberapa saran:

1. Pastikan tubuh fit

Meski permainan bisa cukup menggoda mendorong pergi keluar ruangan untuk ‘menangkap’ pokemon, jangan paksakan diri apabila tubuh memang sedang tak bugar. Pergi jalan sewajarnya saja sesuai dengan kemampuan fisik.

“Kalau mau naik sepeda jangan terlalu memaksakan untuk terlalu jauh,” kata dr Fajar.

2. Sesuaikan atribut

Apabila seseorang memang ingin bermain sambil olahraga, dr Fajar menyarankan sesuaikan juga atributnya. Gunakan baju, celana, hingga alas kaki yang nyaman sesuai dengan aktivitas yang direncanakan.

“Contohnya pakai sepatu lari atau sepatu olah raga jika memang ingin sambil maraton atau bersepeda,” lanjut dr Fajar.

3. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Jangan sampai karena asik bermain tak sadar bahwa tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda dehidrasi seperti bercucuran keringat, mulut kering, dan pusing. Oleh karena itu bagi yang memang ingin sambil berjalan-jalan dr Fajar menyarankan agar sambil membawa tas kecil berisi botol minuman.

Bila memungkinkan tak ada salahnya juga membawa bekal sendiri dari rumah.

4. Lindungi diri dari matahari

Untuk menghindari paparan terik sinar matahari, sebaiknya lakukan aktivitas di pagi atau sore hari. Untuk efek perlindungan lebih bisa juga sambil menggunakan topi atau krim tabir surya.

5. Tetap perhatikan lingkungan

“Jangan terlalu apatis dengan keadaan sekitar. Sebaiknya bila memang Anda orang yang apatis ajak teman juga untuk tetap melihat keadaan sekitar,” kata dr Fajar.

Pesan tersebut ditujukan terutama karena kecenderungan orang-orang yang terlalu fokus ketika melihat layar sehingga lupa dengan lingkungan sekitar. Akibatnya tentu berbahaya karena bisa memicu kecelakaan.(dtc)

Komentar

komentar