Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Tuesday,18 December 2018
Jusuf Kalla (IST)

JK Berharap Negara Tetangga Ikut Bantu RI Tangani Kebakaran Hutan

Siak – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta negara-negara tetangga ikut membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Indonesia. Pemerintah menurutnya sudah berupaya maksimal menangani kebakaran hutan dan lahan yang asapnya sampai ke negara tetangga.

“Memangnya kita suka tuh asap? Enggak kan? Tapi ini kan terjadi di samping alamiah, juga (akibat) perbuatan orang. Tapi yang terpenting kita berusaha dengan keras. Kita ada restorasi gambut, kita siapkan segala macam peralatan,” ujar JK di Kabupaten Siak Indrapura, Riau, Jumat (22/7/2016).

JK berharap negara-negara di dunia saling membantu menjaga kelestarian lingkungan. Kerja sama yang baik, kata JK juga akan berdampak positif untuk kelestarian lingkungan yang berkesinambungan.

“Tapi karena itu kalau mau sama-sama kerjalah karena untuk kepentingan bersama. Dulu kan Singapura, Malaysia bantu, baguslah seperti itu. Jangan hanya menyalahkan. Emangnya kita suka, enggaklah,” kata JK.

Indonesia, menurut JK sudah berupaya keras dalam menyelesaikan persoalan kebakaran hutan, khususnya di Riau dan sebagian wilayah Sumatera Barat.

“Kalau Anda lihat di airport, helikopter stand by di situ, kita kerahkan seluruh tentara, polisi, Pemda, masyarakat lebih lagi. Luar biasa, tidak ada ingin (asap). Seperti saya selalu katakan negara tetangga juga harus fair kalau keadaan enak dia mendapat udara yang enak, sejuk-sejuk,” jelas JK.

“Tapi kalau keadaan susah, ya sama-sama susah juga kan yah. Emangnya yang pertama, yang pertama juga kan orang Riau, orang Jambi. Lebih banyak menderitanya sini daripada sana,” tegasnya. (dtk)

Komentar

komentar