Templates by BIGtheme NET
Hari ini : Thursday,20 September 2018
Ilustrasi E-KTP (IST)

Pekanbaru Hanya Mampu Cetak 450 E-KTP

Pekanbaru – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru hanya mampu mencetak 450 elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) setiap harinya dikarenakan keterbatasan alat.

“Kami hanya punya tiga alat pencetak, itu pun satu saat ini lagi rusak,” kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Baharuddin di Pekanbaru, Kamis (21/7).

Menurut Baharuddin alat yang tiga itu hanya mampu mencetak 450 KTP baru. Sementara permintaan pengurusan tiap harinya yang datang ke Disdukcapil hampir dua kalilipat.

“Kalau habis Lebaran seperti ini yang datang mengurus KTP 700-800 orang tiap hari,” katanya menerangkan.

Bahar menjelaskan dengan keterbatasan alat ini pihaknya tidak bisa menjanjikan kepada masyarakat identitas penduduk yang satu ini bisa selesai sesuai Standar Operasional Pekerjaan (SOP) yang sudah dipromosikannya.

Ia bahkan mengaku sebuah KTP bisa siap dalam hitungan bulan bukan hari seperti yang seharusnya diberikan sebagai pelayanan masyarakat.

“Mau apa lagi alat tidak mencukupi boleh dicek memang kami tidak bisa janji siapnya sebuah KTP cepat bahkan bisa berbulan-bulan,” tegasnya.

Menurut dia jika pencetakan ingin cepat selesai 2-3 hari idealnya Pekanbaru harus miliki alat cetak satu unit pada tiap kecamatan.

Kenyataannya saat ini cuma tiga untuk seluruh Pekanbaru, ini dikarenakan keterbatasan anggaran. Dulu awalnya pengadaan alat e-KTP itu dianggarkan oleh pemerintah pusat lewat APBN, seiring tahun pindah ke Provinsi Riau.

“Kalau tiap kecamatan ada alat cetak e-KTP, jaringan bagus blangko tersedia kami bisa jamin siap 2-3 hari,” katanya lagi. (Antara)

Komentar

komentar